Awas Solanin di Kentang Hijau, Beracun

Tidak ada komentar 429 views

Surabaya, (DOC) – Kentang adalah salah satu sumber karbohidrat yang enak dan mudah didapat di Indonesia. Bagi penderita diabetes atau pelaku diet, makan kentang dapat menjadi alternatif untuk mengganti nasi. Karena itu ada baiknya Anda ketahui bahwa tak semua kentang baik dikonsumsi, sebab ada beberapa ciri kentang yang ternyata mengandung racun.
Ini dikatakan oleh spesialis racun dari Nebraska Regional Poison Center bernama Joan McVoy, R.N. Dia mengungkap bahwa beberapa macam kentang ada yang tak bagus dikonsumsi sebab mengandung zat berbahaya.
Joan menyebutkan kasus ketika kentang mentah diberi banyak cahaya, maka itu akan mengaktifkan beberapa buah bahan kimia di dalamnya yang bernama solanin. Solanin yang dikonsumsi dapat bersifat racun serta akan memicu diare serta muntah-muntah.
Adapun ciri dari kentang yang memiliki solanin adalah warna di permukaan bawah kulitnya adalah hijau atau kehijauan. Selain itu, kentang yang sudah bersolanin akan ditumbuhi kecambah kecil.
Dilansir oleh Womenshealthmag, untuk mencegah keracunan zat solanin itu maka Anda hanya perlu membuang bagian hijaunya hingga bersih dan mengonsumsi hanya bagian yang putih/kuningnya saja.
Kupas hingga bersih ke dalam bawah kulit agar solanin yang berada permukaan kulit bisa hilang. Dengan demikian kentang akan aman dimakan dan tak menimbulkan keracunan. Masalah pengolahan, maka aman diolah dengan berbagai jenis masakan yang Anda inginkan. Nah, waspada jika Anda menemukan kentang yang berwarna hijau atau kehijauan, ya. (sdm/r4)