D-ONENEWS.COM

Ayo Imunisasi! Karena Semua Anak Butuh Imunisasi, Mengapa?

imunisasi anak
Jakarta, (DOC) – Belakangan ini sedang hangat isu ibu yang tidak ingin memberikan imunisasi bagi anaknya. Alasannya banyak, karena beranggapan imunisasi itu tidak baik sampai takut anaknya akan sakit setelah menerima suntikan vaksin imunisasi.
Padahal, imunisasi sangat penting dilakukan, ini demi kebaikan anak. Bahkan, tidak hanya untuk anak yang menerima imunisasi, tapi juga lingkungan sekitarnya. Pemerintah pun mewajibkan setiap anak untuk mendapatkan imunisasi.
Vaksin imunisasi yang disuntikkan ke tubuh anak mengandung virus yang telah dilemahkan. Tapi, virus ini justru membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dengan disuntikkannya virus yang sudah dilemahkan tersebut, tubuh akan membentuk antibodi (pertahanan tubuh). Sehingga, jika suatu waktu ada virus yang masuk ke tubuh, tubuh sudah mampu melawan.
Tak hanya untuk anak Anda, tapi juga anak lainnya. Karena jika semua anak sudah menerima imunisasi dan mampu melawan virus yang ada, maka semakin sedikit angka kejadian penyakit menular pada anak, seperti campak, rubella, polio, dan lainnya. Dengan begitu, penularan penyakit pada anak pun akan semakin sedikit. Semakin sedikit anak yang menderita penyakit menular.
Artinya, imunisasi sebenarnya tidak hanya menyelamatkan nyawa anak Anda, tapi juga anak lainnya. Itu mengapa imunisasi sebaiknya dilakukan oleh setiap anak. Jangan khawatir anak akan demam atau sakit setelah imunisasi, ini adalah hal yang normal terjadi. Jadi, jangan takut imunisasi!
Bawa anak Anda ke Puskesmas untuk imunisasi. Beberapa imunisasi yang wajib diberikan pada anak adalah imunisasi hepatitis B, BCG, DPT, polio, dan campak. (and)

Loading...

baca juga