Bakal Caleg Demokrat Surabaya Masih 20 Orang

Tidak ada komentar 124 views

Surabaya,(DOC) – Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPRD yang dibuka DPC Partai Demokrat (PD) Kota Surabaya masih sepi peminat. Hingga kemarin, baru 20 orang yang mengambil formulir.
Ketua DPC PD Surabaya Dadik Risdaryanto mengatakan, 20 orang yang mengambil formulir tersebut adalah orang di luar pengurus inti DPC serta anggota DPRD Surabaya. Kendati demikian, Dadik tak mau disebut pendaftaran yang dibuka partainya tak mendapat respon.
“Pendaftaran terakhir hingga 15 Maret. Masih ada sisa waktu satu minggu lagi,” kata Dadik disela futsal yang diselenggarakan partainya, kemarin.
Menurut dia, dari total jumlah pendaftar akan diseleksi secara ketat. Untuk mendapatkan caleg yang benar-benar memiliki kualifikasi yang mumpuni, DPC PD sudah menyiapkan tim independen.
Tugas tim independen yang melibatkan sejumlah pakar dari Universitas Airlangga (Unair) tersebut akan menguji bacaleg dengan banyak materi.
Di antaranya, pemahaman terhadap dan integritas terhadap partai, intelektualitas, ideologi, cara membuka serta membangun jaringan di masyarakat, psikotes, kemampuan logistik, program kerja, komunikasi massa, mental, ideologi dan lainnya.
Wakil Ketua I DPC PD Kota Surabaya Muzayin menambahkan, dari yang disaring akan diambil yang benar-benar memiliki kualifikasi bagus. DPC PD akan mengambil 60 orang caleg yang akan masuk Daftar Caleg Sementara (DCS). Dari jumlah total tersebut, 10 di antaranya cadangan.
“Setelah masuk DCS, sekira ada yang meninggal dunia, maka bisa diganti. Tapi kalau sudah masuk DCT (Daftar Caleg Tetap) itu tidak bisa diganti, harus dibiarkan kosong,” tukas Muzayin yang juga advokad ini.
Kapabilitas caleg akan benar-benar di kedepankan. “Tantangan Demokrat ke depan lebih berat. Karena itu calegnya harus bagus. Kami tidak mengobral pendaftaran. Percuma pendaftar banyak kalau tidak mumpuni,” pungkasnya.
Terpisah, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Surabaya Edward Dewaruci mengaku optimis KPU RI menyetujui penambahan jumlah dapil.
“Soal keputusan penambahan dapil ini akan ditentukan atau ditetapkan dalam rapat pleno KPU Pusat yang akan dilaksanakan tanggal 7 atau 8 Maret 2013 ini,” ujarnya.
Hasil rapat pleno akan dikirin ke KPUD Surabaya, Sabtu (9/3). Setelah itu akan diinformasikan atau surat keputusan itu akan dibagikan kepada 10 parpol peserta Pemilu 2014.
“Hal ini agar parpol-parpol bisa melakukan penyusunan atau penataan caleg-caleg sesuai dapilnya,” terang Edward.
Pada intinya, lanjut dia, sebagian besar partai peserta Pemilu 2014 sepakat dengan usulan tersebut. “Ya, sebagian besar setuju untuk penambahan dapil, karena dirasa lebih adil dan menguatkan keterwakilan masyarakat oleh legislatif,” terangnya.(R7)