Bambang Resmi Mundur, Wisnu Sakti Buana Wakil Walikota

Tidak ada komentar 126 views

Surabaya,(DOC) – Wakil Walikota Surabaya Bambang Dwi Hartono , pagi ini menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Wawali Surabaya ke Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana, di Gedung DPRD Surabaya.
Dalam kesempatan tersebut, Bambang DH berharap usulan pengunduran dirinya, bisa di proses secepatnya, agar bisa fokus untuk menggalang dukungan masyarakat Jawa Timur, sebagai calon gubenur PDIP Jatim.
“Sebenarnya dalam aturannya, kalo hanya men-calonkan sebagai kepala daerah, seorang kader partai yang sudah menduduki sebauh jabatan, tidak perlu mengundurkan diri. Bisa cuti saja. Namun karena waktunya sudah mepet, maka dirinya harus melepaskan jabatannya untuk konsentrasi memenangkan Pilgub,” Ujar Bambang DH, saat di wawancarai di lobby DPRD Surabaya, Senin(6/5/2013) pagi.
Mengenai pengganti posisinya sebagai Wakil Walikota Surabaya, Bambang DH menambahkan, pihaknya akan menyerahkan ke induk partai, siapa yang akan ditunjuk untuk menggantikannya. Ia menjelaskan, hari ini DPC PDIP Surabaya akan melakukan rapat konsolidasi untuk menentukan nama calon pengantinya sebagai wakil walikota Surabaya. Setelah itu DPC akan menyerahkan nama calon tersebut ke DPP untuk di mintakan persetujuan.
“Semuanya urusan induk partai. Tapi hari ini DPC akan menggelar rapat konsolidasi untuk menunjuk nama penggantinya. Memang ini yang saya harapkan, agar proses pergantian tersebut bisa berjalan secepatnya, dan roda pemerintahan bisa tetap berjalan,”tambahnya.
Sementara itu, Wisnu Sakti Buana Wakil Ketua DPRD Surabaya menyatakan, usulan pengunduran diri Wakil Walikota Surabaya Bambang DH akan di proses hari ini di rapat Badan Musyawarah(Banmus) DPRD Surabaya, dibarengkan dengan rapat pemberhentian Wisnu Wardhana(WW) sebagai ketua DPRD Surabaya.
“Siang ini akan ada Banmus untuk membahas Paripurna Istimewa tentang pemberhentian WW. Soal pengajuan pengunduran diri Bambang DH, akan diselipkan dalam pembahasan nanti. Sehingga bisa langsung diproses ketika Mendagri sudah menyetujui. Kemungkinan membutuhkan beberapa hari saja,”kata Wisnu.
Menyinggung soal pengganti Bambang DH, Wisnu yang juga Ketua DPC PDIP Surabaya ini menjelaskan, masih menunggu hasil rapat konsolidasi internal partai dan persetujuan DPP PDIP.
“Kita belum menentukan siapa penggantinya, menunggu rapat dan persetujuan dari DPP. Memang ada aturan yang menyebutkan bahwa posisi Wakil Walikota yang mundur, karena berhalangan secara otomatis akan di gantikan oleh Ketua DPC. Namun saya kira di internal partai, hal itu tidak berlaku. Dulu waktu pencalonan Walikota periode 2010 lalu, saya sudah menjadi ketua DPC PDIP Surabaya, tapi yang dapat rekom partai malah Bu Risma menjadi calon walikota,”jelas Wisnu.
Meski masih mengelak, namun kabar yang berkembang di internal DPC PDIP Surabaya, posisi Wakil Walikota Surabaya pengganti Bambang DH, tetap akan diisi oleh Wisnu Sakti Buana. Sedang untuk posisi Wakil Ketua DPRD Surabaya pengganti Wisnu Sakti Buana sendiri, akan ditempati oleh Armuji yang kini masih menjabat sebagai Ketua Komisi A DPRD Surabaya. Proses pergantian tersebut akan diikuti juga dengan pergantian antar waktu Wisnu Sakti Buana yang mundur dari anggota legeslatif. Rencananya posisi Wisnu akan di gantikan dengan caleg PDIP dapil 4 dibawahnya yaitu Siti Maryam.(R7)