Bandar Narkoba Malaysia Tertangkap di Juanda

Tidak ada komentar 208 views

Surabaya,(DOC)Customer Narcotics Team (CNT) Pabean Juanda dan kantor wilayah DCBC Jatim I, kembali menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis methampetamine (shabu) dua sekaligus. Penangkapan pertama dari seorang warga negara Malaysia berinisial WPK (29), berjenis kelamin perempuan, dengan pesawat cathay pasific CX-781 rute Hongkong – Surabaya, Senin (12/5/2014) lalu.

Modus yang digunakan pelaku ialah menyembunyikan shabu seberat 720 gram tersebut dengan kemasan plastik yang dijahit dicelana dalam, sehingga seolah – olah seperti memakai pembalut. Dengan penggagalan ini, petugas bea cukai Juanda telah menyelamatkan 1.440 pemuda dari bahaya narkoba.

Sedangkan untuk penangkapan yang ke dua dilakukan Rabu,(14/5/2014), dari seorang perempuan warga negara Indonesia berinisial C (27). Dengan pesawat Air Asia QZ-237 rute Kuala Lumpur – Surabaya. Shabu seberat 1.705 gram ini, dibawa dengan cara dikemas dalam plastik, yang disembunyikan di dalam travel bag (tas tangan).

Kepala KPPBC TMP Juanda, Iwan Hermawan menjelaskan, untuk tersangka yang kedua, memang sebelumnya petugas bea cukai juanda sudah mencurigai saat turun dari pesawat. Dan curiga melihat gerak – gerik pelaku, setelah melakukan pemeriksaan X-Ray ternyata yang menjadi dugaan petugas bea cukai ternyata terbukti benar, pelaku membawa metapethamine.

“Saat itu petugas memang mengamati penumpang tersebut sebelumnya, setelah itu kami melakukan pemeriksaan, ternyata benar orang tersebut membawa travel bag, dan 5 buah tas tangan yang isinya shabu. ada 2 bungkusan plastik, setiap tas ada 4, jadi totalnya 20, rencananya barang tersebut akan dikirim ke Jakarta,” terangnya.

Untuk tersangka pertama, lanjut Iwan, petugas akan menyerahkankan ke Polda Jatim bagian reserch Narkoba untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Sedangkan untuk pelaku yang ke dua, akan diserahkan ke Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim untuk proses penyelidikan.

“Namun, cara apapun yang dilakukan pelaku tetap saja tidak bisa menembus dari pemeriksaan petugas. Walaupun pihak juanda sudah melakukan sering penangkapan atau penggagalan, tetapi sindikat juga tidak hentinya menyelundupkan shabu lewat bandara juanda. Kami akan lebih memperketat pengawasan,” ungkapnya.(gr/r7)