Bangun 3.578 Rumah Layak Jawa Bali

Tidak ada komentar 218 views

Surabaya,(DOC)Habitat For humanity Indonesia Cabang Surabaya telah berhasil membangun sekitar 3.578 rumah layak bagi keluarga miskin di kawasan Jawa – Bali. Branch Manager Habitat for Humanity Indoensia Cabang Surabaya, Andri Gunawan, Kamis (7/11/2013) mengungkapkan, organisasi sosial yang bergerak dalam pelayanan sosial dengan berorientasi membantu masyarakat miskin memiliki hunian yang memadai ini, memiliki dua program dalam kegiatannnya.

“Program kita selain hibah rumah bagi keluarga yang tidak memilii rumah layak, juga memberikan pinjangan lunak untuk perbaikan rumah” ujarnya.

Program hibah rumah diberikan kepada keluarga tidak mampu dengan persyaratan tertentu, diantaranya kepemilikan tanahnya tidak dalam sengketa. Rumah masyarakat miskin yang semula tidak layak dibangun kembali menjadi layak huni.

“Kita mau setelah bedah rumah, mereka nantinya tidiak kehilangan itu (rumah) karena sengketa” tambahnya.

Dalam mendapatkan sasaran masyarakat miskin yang rumahnya layak dibedah, Habibat for humanity Indonesia secara proaktif mencari sendiri dengan terjun langsung ke masyarakat, pendataannya melibatkan aparat RT-RT hingga mendapatkan informasi dari pemerintah daerah.

“Kadang kita konsultasi dengan Bappeda, daerah mana yang berpotensi. Kemudian kita datangi” katanya.

Sementara, untuk program pinjaman. Menurut Andri Gunawan diberikan kepada keluarga yang memiliki kemampuan, hanya saja masih membutuhkan bantuan dalam memperbaiki tempat tinggal mereka. Pinjaman yang diberikan bersifat lunak. Artinya, tidak membertakan pihak keluarga yang bersangkutan. Maksimal pinjaman yang diberikan tiap keluarga untuk merenovasi rumah mereka sekitar Rp. 8 juta rupiah.

“Angsurannya rata-rata Rp. 200 – 300 ribu untuk waktu sekitar 3 hingga 4 tahun” jelasnya.

Andri menegaskan, melalui pinjaman dana bergulir tersebut , angsurannnya akan dimanfaatkan untuk membangun rumah masyarakat miskin lain. Pasalnya, motto Habitat for Humanity Indonesia adalah satu rumah terbangun, angsurannya bisa membangun rumah lainnya.

Selain membedah rumah dan memberikan pinjaman lunak untuk perbaikan rumah, Habitat for humanity Indonesia juga memberikan edukasi pada masyarakat. Volunteer Habitat for Hhumanity Indonesia cabang surabaya ini mengatrakan, pihaknya juga melakukan pelatihan dalam mendukung terciptanya rumah sehat.

“Dalam mendukung rumah layak dan sehat, kita lakukan pelatihan tentang sanitasi, air bersih serta pendidikan ekonomi keluarga” paparnya.

Andri mengungkapkan, pelatihan dan pendidikan pengelolaan keuangan keluarga itu penting, karena bisa jadi menurutnya ketidakmampuan memiliki rumah diakibatkan pengelolaan keuangan yang keliru.

“Rumah menang sesuatu yang mahal, namun jika tdiak memiliki bisajadi karena pengelolaan kelauangannya kurang baik” katanya.

Andri Gunawan mengungkapkan, Organisasi sosial Habitat for Humanity Indonesia berdiri di tanah air tahun 1997. lembaga syawadaya Masyarakat internasional ini awalnya didirikan di Amerika oleh Milard dan Linda Fuller tahun 1979. Dalam menjalankan kegiatannya, Habitat for Humanity Indonesia mendapatkan donasi, CSR perusahaan, individu serta bantuan dari luar negeri.

“bantuan dari dalam dan luar negeri, jika ada program menarik di dalam negeri luar negeri kirim bantuan ke Indonesia” terangnya.

Di Surabaya hingga saat ini terbangun sekitar 1000 – 1.500 rumah layak huni. Meski tahun 2013 jumlah rumah yang terbangun baru sekitar 100 unit. Namun, Habitat for humanity Indonesia Cabang surabaya menargetkan dalam beberapa tahun ke depan bisa membangn rumah hingga ribuan unit.

“tiga tahun ke depan, mudah-mudahan kita bisa layani 3 ribu keluarga” pungkasnya. (k4/r7)