Bangun Lagi Sentra PKL Di Rusun Sumbo

Tidak ada komentar 156 views

Surabaya,(DOC) – Ibu-ibu muda di Kecamatan Simokerto, dihimbau untuk mengikuti program pelatihan-pelatihan Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayahnya. Ini karena program pelatihan UKM tersebut, akan sangat penting bagi ibu-ibu sebagai upaya mengangkat perekonomian keluarga.
Imbauan itu disampaikan Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT saat membuka UKM Expo di halaman Rumah Susun (Rusun) Sumbo, Kelurahan Simolawang Kecamatan Simokerto, Jumat (10/5) sore.
“Ibu-ibu yang masih muda bisa minta pelatihan ke RW nya. Nanti saya akan ikut memantau,” tegas Walikota Risma dalam sambutannya.
Menurut walikota, program road show UKM Expo di kecamatan-kecamatan ini sebagai upaya untuk membuat ibu-ibu tertarik berusaha. Apalagi, pelatihan UKM ini menjadi kesempatan bagi warga untuk memperbaiki perekonomian keluarga.
“Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong akses warga untuk usaha. Jika ibu-ibu tidak kenal lelah, Insya Allah jalan dibukakan,” imbuh walikota Risma.
Walikota perempuan pertama di Kota Surabaya ini juga berjanji akan membangun sentra PKL di kecamatan Simokerto. Sehingga, ibu-ibu yang sudah mengikuti pelatihan UKM, akan bisa memasarkan produknya.
“Nanti kalau ibu-ibu sudah siap, kita bisa buatkan sentra PKL di halaman Rusun ini untuk usaha. Ibu-ibu bisa memasarkan produk-produknya,” sambung walikota.
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Surabaya, Agus Eko Supiadi menambahkan, UKM Expo di Kecamatan Simokerto ini digelar selama tiga hari dari tanggal 10 Mei hingga 12 Mei. “Ada 41 stan dari berbagai UKM di wilayah Kecamatan Simokerto yang ikut berpartisipasi dalam UKM Expo kali ini,” tegas Agus Eko Supiadi.
Beberapa stan yang tampil dalam UKM Expo kali ini diantaranya kerajinan tangan seperti jilbab dan aksesoris, sepatu, deterjen, olahan laut. Ada juga
Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) “Maju Mapan” yang memasarkan lele segar. Serta Bulog yang menjual beras, gula dan minyak goreng murah.
Menurut Agus Eko, UKM Expo di Kecamatan Simokerto ini yang kelima kalinya digelar Pemkot Surabaya di tahun 2013 ini. Akhir April lalu, UKM Expo digelar di Kecamatan Gunung Anyar.(R7)