Banjir Jayapura Lumpuhkan Aktivitas Warga

Banjir yang melanda wilayah Kota Jayapura, Papua.

 

Jayapura,(DOC) – Banjir bandang menghantam wilayah Kota Jayapura, Papua. Banjir bandang dipicu tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah itu sejak Kamis (3/8/2017) dini hari tadi. Volume air beranjak naik, menggenang hingga akhirnya membanjiri wilayah Kota Jayapura. Tinggi genangan air ada yang mencapai 1 meter.

Jalanan menjadi terganggu. Beberapa sekolah harus diliburkan akibat tergenang air. Banjir terpantau di beberapa titik vital di kota-kota Jayapura seperti di Jalan Raya Entrop, Kompleks Perumahan Entrop, SMA Negeri 4, Perumnas 2 Waena, Pasar Youtefa, Kotaraja dan titik lainnya.

Sejumlah ruas jalan juga mengalami kebanjiran mengakibatkan kemacetan panjang. Kegiatan belajar mengajar di tiga sekolah Kota Jayapura, pada Kamis terpaksa diliburkan akibat banjir yang melanda kota itu.

Ketiga sekolah itu adalah Madrasah Tsanawiyah (MTS) Aisyiyah, SMA Negeri 4 di Entrop dan SMK Negeri 6 di Abepantai.

“Saat ini aktivitas belajar mengajar di tiga sekolah itu terhenti akibat banjir yang menggenangi sekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Jayapura, I Wayan Mudiasai.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura, Bernard Lamia mengakui, banjir menggenangi sejumlah kawasan di sekitar kota. Banjir terparah berada di kawasan PTC Entrop, Perumahan Entrop dan Kompleks SMA 4 Distrik Jayapura Selatan, Pasar Youtefa Distrik Abepura, dan Perumahan Organda.

“Ketinggian airnya di Entrop dan di Organda mencapai sekitar 1 meter sehingga ada beberapa lokasi yang warganya mengungsi,” katanya.

Pihaknya akan meminta bantuan perahu karet ke BPBD Papua, karena Kota Jayapura hanya memiliki dua perahu karet.

“Tim BPBD Kota Jayapura saat ini masih melakukan pendataan untuk memudahkan penanganan terhadap warga yang terkena banjir,” kata Bernard Lamia.

Hujan deras hingga Kamis pagi masih menguyur hampir merata di wilayah Kota Jayapura.

Kapolres Jayapura, AKBP Tober Marison Sirait dengan menggunakan perahu karet masih menyempatkan diri untuk meninjau pasar Youtefa di Kotaraja.(dtc/ziz)

Tag: