Banyak Jalan Rusak, Dewan Intervensi Dinas PU

Tidak ada komentar 133 views

Surabaya,(DOC) – Musim penghujan ini kondisi sejumlah jalan protokol di Surabaya cukup memprihatinkan. Banyak jalan yang berlubang dan rawan terjadi kecelakaan.

Beberapa diantaranya ada di ruas jalur protokol seperti Jl Kertajaya dan Kertajaya Indah, Jl Arif Rahman Hakim dan bahkan di beberapa bagian jalan MERR sekalipun yang masih relatif baru keberadaannya, beberapa bagian turun permukaannya dan bergelombang .Hal ini kini menjadi sorotan dewan, dikhawatirkan bila tak segera ditangani bakal menimbulkan dampak yang membahayakan para pengguna jalan.

Menurut Simon Lekatompessy, Wakil Ketua Komisi C DPRD Surabaya, jalan yang rusak itu karena kualitas pengerjaan yang kurang bagus. Namun hal itu juga akibat nilai satuan pekerjaan yang murah.

Menurt dia, dari sisi aturan memang pemenang lelang yang punya nilai penawaran terendah tapi faktanya ketika penerapan di lapangan hal itu justru berdampak pada kualitas pekerjaan yang rendah pula. Simon Lekatompessy berharap agar dinas terkait segera melakukan pengerjaan perbaikan agar tidak sampai menimbulkan kecelakaan.

“Jadi begini, berkaitan kualitas jalan juga berkaitan dengan harga satuan yang mana yang menang mempunyai penawaran rendah. Kemudaian juga pengawasan lemah akibatnya kualitas jalan juga buruk. Kita dilema ingin kualitas jalan bagus harga bagus tapi aturan gak mungkin siapa yang tawar paling murah yang mengerjakan. Namanya tawar paling murah sedangkan secara standar harga, gak masuk ya mana mungkin kontraktor mau rugi. Memang fungsi pengawasan harus tetap jalan tapi jujur sajalah mana mungkin bisa mengawasi penuh,” ujar Simon.

Hal lain yang menjadi penyebab rusaknya jalan adalah banyaknya kendaraan berat dengan tonase berlebih yang semestinya tidak boleh melalui jalan tersebut selama ini ada indikasi banyak dilanggar. Untuk itu Simon juga berharap agar Pemkot Surabaya melakukan koordinasi intensif dengan Polantas terkait masalah ini. (k5/r4)