Barca Hampir Tersungkur di Nou Camp

Tidak ada komentar 158 views

Surabaya (DOC) – Bermai di kandang sendiri tak membuat Barcelona menang mudah saat menghadapi Celtic dalam lanjutan Liga Champion di Nou Camp, Rabu (24/10) dini hari. Buktinya, Barca yang tampil tanpa beberapa pilar lini belakang dibuat ketar-ketir saat Giorgios Samaras membuat Celtic unggul lebih dulu pada menit 18.

Namun, Barca yang tampil dominan dengan menguasai lini tengah sejak babak pertama terhadang pertahanan Celtic yang tampil dengan konsentrasi tinggi. Los Azulgrana baru mampu menyamakan kedudukan menjelang turun minum lewat Andres Iniesta pada menit 45 untuk menutup paruh pertama dengan skor imbang 1-1.

Pada babak kedua, lagi-lagi ketangguhan pertahanan Celtic membuat frustrasi pemain-pemain Barca. Sebelum akhirnya Jordi Alba memastikan tim tuan rumah membawa pulang angka penuh berkat gol telat di penghujung pertandingan.

Dengan kemenangan ini, Barca tetap di posisi terats klasemen sementara Grup G dengan sembilan poin hasil tiga kali bertanding sedangkan Celtic berada di bawahnya dengan empat poin.

Jalanya Pertandingan :

Membuka pertandingan, Barcelona mendapat peluang emas pada menit kedua. Andres Iniesta mengirim umpan terobosan namun tendangan Alexis Sanchez ke tiang jauh melebar tipis.

Peluang lagi Barcelona. Di menit 18, dari operan Xavi, Messi mencukil bola untuk menemui Marc Bartra namun tendangan volinya bisa diantisipasi kiper Fraser Forster.

Keasyikan menyerang membuat Barca kecolongan. Serangan balik cepat Celtic menghasilkan tendangan bebas. Bola tendangan Charlie Mulgrew disambut sundulan Samaras, bola lebih dahulu mengenai Javier Mascherano sebelum melewati Victor Valdes. Hasilnya, Celtic unggul lebih dulu 0-1

Messi! Empat menit kemudian gantian Barca memperoleh tendangan bebas. Eksekusi pemain Argentina itu melambung tipis saja dari mistar gawang Celtic.

Barca nyaris menciptakan gol balasan di menit 27. Umpan Sanchez dari luar kotak diteruskan Iniesta kepada Bartra. Sundulan dia dari jarak dekat melebar.

Gol balasan Barca akhirnya tercipta di menit 45. Lewat kerjasamanya dengan Xavi, Iniesta melepas tendangan mendatar yang menembus gawang Celtic. Skor 1-1.

Celtic menciptakan peluang pertama pasca restart. Di menit 54, menyambut umpan Mulgrew, sundulan Wanyama hanya bersarang di samping gawang Barca.

Gelombang serangan terus digulirkan Barcelona. Peluang terbaik terlahir di menit 68 lewat tendangan Messi dari jarak dekat yang bisa digagalkan oleh Forster.

Foster melakukan penyelamatan gemilang di menit 75 dengan menghalau sundulan Messi dari jarak dekat setelah menerima umpan cukilan dari Iniesta.

Di menit 82, Alex Song menyambut crossing di tiang dekat. Namun, Wanyama memantulkan bola untuk memaksakan sepak pojok.

Barca terus mengurung Celtic di pertahanannya sendiri. Namun hingga menit 90 skuad Tito Vilanova ini belum juga bisa menciptakan gol tambahan.

Memasuki masa injury time, Barca nyaris melahirkan gol keduanya. Sepakan David Villa melewati Froster namun mengenai tiang jauh.

Gol! Barcelona berbalik unggul 2-1 atas Celtic di akhir masa injury time. Crossing Adriano menemui Jordi Alba di tiang jauh dan diselesaikan dengan sontekan.

Peluit panjang wasit tanda pertandingan berakhir dibunyikan, Barcelona berhak atas kemenangan 2-1 atas Celtic

Susunan Pemain:

BARCELONA: Valdes, Adriano, Bartra, Mascherano, Alba, Xavi, Song, Iniesta, Pedro (Tello 76), Messi, Sanchez (Villa 80)

CELTIC: Forster, Lustig, Wilson, Ambrose, Izaguirre, Ledley, Brown (Commons 63), Wanyama, Mulgrew (Kayal 76), Samaras (Forrest 43), Hooper.