Batu Meteor Jadi Bonus Olimpiade Socchi 2014

Tidak ada komentar 131 views

Rusia(DOC) – Sabtu akhir pekan lalu, jadi hari istimewa bagi para atlet Olimpiade Musim Dingin Socchi, Rusia. Para atlet peraih medali emas di ajang akbar itu mendapat bonus istimewa berupa serpihan meteor yang jatuh ke bumi.
Sabtu pekan lalu menandai setahun sebuah asteroid terdekat ke Bumi memasuki atmosfer Bumi di atas Rusia, untuk meledak di atasOblast (wilayah) Chelyabinsk. Selain dianggap sebagai tumbukan asteroid paling banyak disaksikan manusia dalam sejarah modern,meteor Chelyabinsk juga tercatat sebagai objek alam terbesar yang jatuh dari luar angkasa sejak 1908.
Belakangan banyak fragmen meteorit Chelyabinsk tertemukan yang sebagian masuk laboratorium penelitian, sebagian jatuh ke tangan para kolektor, sebagian dikoleksi museum dan sebagai kecil lainnya khusus dibuat sebagai medali. Sepuluh dari medali-medali itu diberikan kepada mereka yang meraih medali emas Olimpiade Sochi 2014 untuk menandai hari ulang tahun jatuhnya meteor Chelyabinsk. “Kami akan mempersembahkan medali-medali kami itu kepada semua atlet yang memenangi emas hari itu (15 Februari), karena baik jatuhan meteorit maupun Olimpiade adalah peristiwa global,” kata Alexei Betekhtin, Menteri Pendidikan untuk Kawasan Chelyabinsk, Jumat(21/2/2014).
Seluruhnya ada 50 medali berbalut meteorit yang diberikan kepada negara-negara yang atletnya memenangi medali emas hari Sabtu itu, satu medali menjadi milik museum Chelyabinsk, lainnya untuk Sochi, dan sisanya untuk para kolektor swasta. Batu meteorit itu ada di bagian tengah medali, namun initidak menggantikan medali emas Olimpiade Sochi. Medali-medali Chelyabinsk ini diberikan kepada para atlet secara terpisah, tidak di podium kemenangan.
Kesepuluh medali batu ruang angkasa ini diberikan kepada para atlet peraih medali emas 1.500m skicepat/speedskating putra, 1.000m putri dan 1.500 putra speedskating lintasan pendek, ski lintas alam putri,ski jumping K-125 putra, super giant slalom ski Alpen putri dan skeleton putra. Saat ini fragmen kecil batu meteorit Chelyabinsk berberat 2-3 gram dijual antara 50-75 dolar AS (Rp585.000-Rp877.500). Fragmen lebih besar (5-10 gram) dijual mulai 200 dolar AS (Rp2,34 juta). (co/r7)