Bau Badan Berlebih? Ikuti Tips Ini untuk Menguranginya

bau badan

Jakarta,  (DOC) – Suka bau badan? Bau badan merupakan hal yang normal terjadi pada setiap orang, terutama setelah Anda melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat. Sebenarnya, keringat tidak menimbulkan bau. Namun, saat keringat bertemu dengan bakteri yang ada di tubuh, bau badan barulah muncul.

Bau badan timbul akibat proses pemecahan protein keratin oleh bakteri yang ada di kulit Anda. Itu mungkin sebabnya, keringat Anda menjadi lebih bau saat Anda jarang mandi. Pria bisa memiliki bau badan berlebih karena pria cenderung lebih banyak mengeluarkan keringat dibandingkan wanita.

Tapi, jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau badan, yaitu:

  • Mandi setidaknya satu kali sehari atau lebih di saat Anda mengeluarkan lebih banyak keringat, dapat membantu mengurangi jumlah bakteri pada kulit. Sehingga, akan mengurangi bau badan Anda. Bersihkan daerah tubuh secara menyeluruh, terutama pada daerah yang paling banyak mengeluarkan keringat, seperti ketiak.
  • Gunakan sabun antibakteri saat mandi. Sabun antibakteri dapat lebih banyak mengurangi jumlah bakteri yang ada di kulit. Sehingga, dapat membantu Anda mengurangi bau badan.
  • Keringkan badan dengan benar. Pastikan seluruh daerah tubuh Anda sudah dikeringkan setelah Anda mandi. Bakteri penyebab bau badan akan sulit berkembang biak saat kulit Anda kering. Sehingga, walaupun hal kecil, namun mengeringkan badan juga dapat menjadi salah satu cara ampuh mengurangi bau badan.
  • Memakai pakaian yang bersih. Pilihlah pakaian yang sesuai dengan aktivitas yang Anda lakukan. Pilih pakaian dari bahan katun atau wol sebagai pakaian sehari-hari. Hal ini memungkinkan kulit untuk lebih mudah bernapas. Saat berolahraga, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan sintetis agar kelembapan kulit Anda tetap terjaga.
  • Batasi beberapa makanan yang dapat memicu bau badan berlebih, seperti bawang putih atau makanan pedas (kari). Makanan tersebut dapat menyebabkan keringat menjadi lebih bau.
  • Mencukur bulu ketiak secara teratur. Hal ini memungkinkan keringat akan menguap lebih cepat, sehingga bakteri mempunyai waktu yang lebih sedikit untuk memecah protein. Akibatnya, bau badan akan berkurang.
  • Menggunakan deodoran atau antiperspiran setelah mandi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi bau badan dan mengontrol keringat. (and)