BBM Langka, Pertamina Janji Tambah Pasokan

Tidak ada komentar 85 views

Surabaya (DOC) – Kelangkaan stok bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Premium terjadi di Jawa Timur. Selain di Surabaya, kelangkaan juga terjadi di Sidoarjo, Sumenep, Mojokerto, Malang, dan sejumlah daerah lainnya. Di Sidoarjo, sejak pukul 09.00 WIB, stok Premium di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) nomor 54.61218, Kecamatan Candi, habis.

Asisten Customer Relation PT Pertamina Pemasaran Region V, Rustam Aji, berjanji segera menjalankan instruksi dari Pertamina pusat ihwal pencabutan surat pengendalian sisa kuota BBM. Mulai hari ini, pihaknya segera mendistribusikan rata-rata 10.500 kiloliter Premium dan 5.500 kiloliter solar ke seluruh penjuru Jawa Timur.

Langkah ini sebagai antisipasi munculnya gejolak sosial di masyarakat akibat sulitnya mendapatkan Premium. Enam depo pengisian BBM di wilayah Jawa Timur, kata Rustam, akan dimaksimalkan untuk menyuplai kebutuhan BBM subsidi hingga ke pelosok daerah. Enam depo ini tersebar di Madiun, Tuban, Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Camplong (Sampang). “Segera kami jalankan kebijakan ini,” kata Rustam, Senin.

Berdasarkan data dari Pertamina Pemasaran Region V, dari total kuota BBM subsidi sesuai APBN-P 2012 sebesar 5.781.887 kiloliter untuk wilayah Jawa Timur, telah dikonsumsi sebesar 4.963.008 kiloliter. Dengan perincian, konsumsi Premium periode Januari-Oktober 2012 sebanyak 3.240.245 kiloliter dan solar 1.722.763 kiloliter. Lantas apakah kebijakan Pertamina pusat ini berpotensi menghabiskan stok BBM subsidi sebelum 31 Desember 2012? Rustam menjawab diplomatis. “Semoga saja tidak (stok terpenuhi hingga akhir tahun),” ujarnya.(was/r3)