Bencana Banjir Landa Jambi, Jalan Pengubung Kabupaten Bungo Putus

Jambi (DOC) – Bencana banjir melanda wilayah Kabupaten Bungo, Jambi. Banjir setinggi 70 sentimeter itu merendam rumah warga di Dusun Pulau Jelmu, Kecamatan Jujuhan. Banjir dipicu meluapnya Sungai Jujuhan. Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi ke tempat aman karena takut banjir susulan terjadi.

“Banjirnya ini tiba-tiba datangnya, saat di mana warga sedang asik beristrahat dan sedang beraktivitas, banjir ini juga membuat akses jalan dari Kabupaten menuju Kecamatan Jujuhan terhambat karena air banjir masih tinggi,” kata Azhar, salah satu warga korban, Rabu (14/3/2018)

Azhar menambahkan, banjir ini akibat dampak hujan lebat yang melanda Kabupaten Bungo pada Selasa malam sehingga air sungai Jujuhan meluap.
Selain menggenangi belasan puluhan rumah warga, banjir ini juga membuat beberapa hewan ternak warga ada yang hanyut dibawa arus sungai.

“Untuk informasi sementara ada beberapa hewan ternak warga yang hanyut terbawa arus banjir ini. Tetapi untuk korban jiwa tidak ada” jelas Azhar.

Ada beberapa warga yang terpaksa mengevakuasi dan mengungsi ke tempat yang lebih tinggi agar terhindar dari banjir susulan.

“Saat ini yang ditakutkan warga adalah banjir susulan, karena air sungai jujuhan kian hari kian meluap mengingat curah hujan masih tinggi,” tukasnya.

Sementara itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bungo saat ini belum dapat dikonfirmasi, dikarenakan sebagian tim masih melakukan turun ke lokasi banjir.(dtc/ziz)

Tag: