Beraksi 36 Kali, 3 Kawanan Jambret Di Lumajang Diringkus Polisi

Lumajang,(DOC) – Petugas Satuan unit Nenggela Polres Lumajang berhasil meringkus tiga kawanan jambret jalanan meresahkan warga. Para kawanan pelaku ini melancarkan aksinya sebanyak 36 kali.

Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono SIK kepada sejumlah awak media mengatakan, penangkapan ke tiga pelaku berawal, setelah petugas menangkap menangkap penadah yakni Efendi yang kemudian dikembangkan oleh satuan reskrim mengerecut lagi ke dua pelaku utama yakni Santoso dan YI (15), dua pelaku ini ditangkap sekitar pukul 12.00 WIB di sebuah warung berada di daerah Jalur Lintas Selatan.”Setelah mendapatkan keterangan dua pelaku Yusuf dan YI kemudian mengembangkan lagi menambah satu pelaku yakni berinisial R yang masih DPO,,”ujarnya.

Dari hasil penangkapan tiga pelaku, polisi mengamankan 32 barang bukti.”barang bukti yang berhasil diamankan yakni berupa puluhan Handpone berbagai jenis, 8 tas milik korban, bahkan surat-surat seperti SIM, STNK, buku tabungan, dan KTP, Jamsotek, dll,”terang Kapolres.

Lanjut Raydian Kokrosono, sebelum melakukan aksinya, pelaku ini melakukan koordinasi terlebih dahulu untuk menentukan tempat atau sasaran dalam melakukan tindakan street crime.”sasarannya adalah perempuan yang mengendarai sepeda motor,”ujar nya.

Dalam melancarkan aksinya pelaku menggunakan pisau dan kendaraan sepeda motor Honda CBR 150 warna putih. “Dari hasil kejahatan yang di lakukan dijual kepenadah Efendi,”kata Raydian.

Sambug Kapolres Lumajang AKBP Raydian Kokrosono, dari hasil interograsi, tersangka mengakui melakukan aksi di 36 TKP, dan melakukan aksinya sejak bulan Juni 2016 di 10 kecamatan.

“Dari pengembangan di TKP, tersangka melakukan aksinya dua kali di Rowokangkung, 3 kali di Lumajang, , Tekung 11 Kali, dan Sumbersuko 9 kali, Tempeh 3 kali, Pasirian 1 kali, sedangkan Sukodono sebanyak 3 kali, Senduro 1 kali, serta Jatiroto 2 kali, Pasrujambe 1 kali”terang Kapolres.(mam/r7)