Berharap KBS Tetap Sebagai Lahan Konservasi

Tidak ada komentar 205 views

Surabaya,(DOC) – Rencana investasi pembangunan Universal Studio yang diduga menggunakan lahan Kebun Binatang Surabaya(KBS) memicu reaksi warga Surabaya pecinta satwa KBS.
MH. Asyari warga Surabaya mengaku prihatin jika KBS dialihkan fungsinya, apalagi akan didirikan Universal Studio didalamnya.
“Bagaimana nanti nasib satwa KBS kalo ada tempat hiburan seperti Universal Studi”, jelasnya, Selasa(11/2/2014).
Ia menambahkan, pengalihan pengelolaan KBS dari pihak yayasan sebegai pengurus lama ke Pemkot Surabaya merupakan langkah baik untuk bisa memajukan KBS, namun jika sekarang Pemkot mempunyai tujuan tertentu maka hal itu sama saja.
“Pengalihan hak pengelolaan KBS menjadi Perusahaan Daerah Taman Satwa(PDTS) oleh Pemkot Surabaya adalah langkah maju, tapi kalo KBS akhirnya dialihkan fungsinya, maka sama saja dengan pengurus lama yang tidak memperhatikan nasib satwa,”ungkap Asyari.
Sementara itu, terpisah dalam kunjungannya ke Surabaya, Senin(10/2/2014) kemarin, Dubes AS, Robert Blake memang tidak menyinggung soal rencana investasi yang akan dilakukan di KBS. Meskipun Ia sempat menanyakan status lahan KBS sekarang.
Blake hanya menyatakan, bahwa pertumbuhan bisnis di Surabaya cukup berpotensi. Khususnya bagi perusahaan-perusahaan Amerika yang ada di Surabaya.’’Bukan tidak mungkin hal ini akan menarik minat investor lain di Amerika untuk menanamkan modal disini,’’ kata dia.
Mantan Dubes untuk Maladewa itu menambahkan, nantinya Blake akan mencoba menawarkan potensi investasi bagi pengusaha Amerika. Jaminan tersebut nantinya akan disampaikan sendiri oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, dengan berkunjung ke Negara Paman Sam.
’’Saya harap Walikota dapat membagikan hasil kinerjanya selama ini. Sehingga dapat meyakinkan para investor untuk menanamkan modal mereka,’’ ujar Blake.
Ini bukan pertamakali saya ke Surabaya. Namun, menjadi tujuan awal saya saat bertugas sebagai Duta Besar dengan berkunjung ke Surabaya.(r7)