Berkah Bantu Listrik Satu Juta Rumah Miskin

Tidak ada komentar 218 views

Surabaya, (DOC) – Langkah konkret pembangunan dilakukan tim Berkah (Bersama Khofifah-Herman). Sepekan terakhir, pasangan cagub-cawagub nomor urut 4 tersebut, menggarap program Jatim Terang Benderang. Program ini membantu satu juta warga prasejahtera di Jatim yang sampai sekarang belum menikmati listrik.
Tahap awal, Berkah membantu memasang listrik gratis untuk warga prasejahtera di enam wilayah, yakni Nganjuk, Bojonegoro, Blitar, Jombang, Trenggalek, dan Tulunggagung. “Ini sangat memprihatinkan. Ternyata Masih banyak warga miskin di Jatim yang tidak bisa menikmati listrik,” kata Herman S. Sumawiredja, Rabu (21/8/2013).
Problem kelistrikan ini sesungguhnya sudah lama. Saat itu, Herman mendapat laporan dari PLN. Dimana ada sekitar 750 ribu warga miskin yang rumahnya belum terpasang listrik. Dari laporan itu, tim Berkah lantas mengecek di lapangan dan melakukan pendataan. Hasilnya, ternyata jumlahnya jauh lebih banyak hingga mencapai satu juta warga prasejahtera.
Herman kemudian berinisiatif mengumpulkan dana untuk membantu warga prasejahtera tersebut. Setelah dihitung, di tiap rumah paling sedikit butuh 450 kva. Asumsinya, biaya pemasangan listrik dengan kapasitas tersebut sebesar Rp 1 juta per rumah. Jadi totalnya butuh sekitar Rp 1 triliun.
Menurut Herman, siapapun gubernurnya, seharusnya Pemprov Jatim peka dengan kondisi warga prasejahtera. Pasalnya, masalah ini sudah bertahun-tahun dibiarkan tanpa ada penyelesaian. Di sisi lain, banyak program pemprov yang memakan biaya besar namun hasilnya tidak jelas alias mubazir. Seperti pembangunan Pasar Induk Puspa Agro yang telah menelan biaya triliunan rupiah.
“Nah, kalau membangun pasar yang hasilnya seperti itu, kan lebih baik dana APBD disalurkan untuk memasang listrik buat warga miskin,” tandas Herman. (r4)