Berkas Anak Buah Keyko Belum Beres

Tidak ada komentar 403 views

Surabaya,(DOC)- Berbeda dengan nasib sang ratu prostitusi Yunita alias Keyko (34), tiga anak buah ibu dua anak ini nampaknya masih harus bersabar menjalani proses permberkasan. Pasalnya, meski telah ditahan sejak tertangkap pada pertengahan September lalu, berkas keduanya masih harus menjalani administrasi di meja Kerja Kejaksaan Negeri Surabaya.

Sebelumnya, berkas Nugroho Tjahjono Budiono alias Dion (35) salah satu germo Keyko asal Semarang, telah sampai pada pelimpahan tahap dua di Kejari Surabaya pada Kamis(18/10) lalu. Berkasnya telah dinyatakan P21 dan diserahkan ke Kejari beserta dengan tersangka dan barang buktinya. Kendati demikian, pihak Kejari Surabaya masih melakukan kesiapan administrasi terkait pelimpahan ke PN terhadap germo dengan ratusan PSK di Semarang tersebut.

“Memang sebelumnya telah siap. Namun, kami tidak mau tergesa-gesa. Masih dilakukan kesiapan administrasi pelimpahannya dulu,” ujar Kasipidum Kejari Surabaya, Judhy Ismono.

Menurut Judhy, banyak hal yang perlu diperhatikan terkait pelimpahan milik Dion, terlebih kasus ini masih berkesinambungan dengan kasus milik Keyko yang sebelumnya telah menjadi pemberitaan nasional.

“Mesti hati-hati dan sabar dulu. Nanti bila ada yang kurang bisa kami lagi yang repot,” imbuhnya.

Terkait untuk pasal, Judhy mengaku masih mempelajari berkas yang dilimpahkan oleh pihak Polrestabes Surabaya. Tapi, ada kemungkinan bila pasal yang dijeratkan untuk Dion juga seperti yang diterima oleh bos-nya, Keyko.

“Nanti dulu lah. Biarkan kami bekerja dulu. Jaksanya Ibu Farida. Secepatnya berkas tersangka Dion ini juga kita limpahkan juga ke pengadilan” tegasnya.

Dikonfirmasi terkait dua tersangka lain, yakni , Lanny Agustina alias Nonik dan Gloria Nancyska Maurina. Pihak Polrestabes Surabaya mengaku telah melimpahkan berkasnya ke Kejari Surabaya untuk diproses. Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Suparti menjelaskan, bahwa tahapan pelimpahan sudah dilakukan pihaknya.

“Sepertinya sudah mbak. Tapi untuk waktunya saya kurang tahu. Tunggu saja pelimpahan tahap duanya,” ujar Suparti.

Seperti diberitakan sebelumnya, berkas Keyko telah dilimpahkan ke PN Surabaya pada Kamis lalu oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Wayan Sugiharta selaku penuntut umum. Dalam berkasnya wanita lulusan perguruan tinggi di Surabaya tersebut dijerat dengan Pasal 506 (mucikari) dan 296 (pencabulan) KUHP serta Pasal 2 UU penghapursan perdagangan orang (Trafficking).
Sama halnya dengan Keyko, berkas Dion dinyatakan sempurna (P21) pada Rabu (17/10). Dion juga dijerat tiga pasal berlapis, yakni Pasal 506 (mucikari) dan 296 (pencabulan) serta Pasal 2 UU Trafficking.(k1/R-11)