Berkas Pendaftaran Bacaleg Parpol Peserta Pemilu 2019 Telah Komplit Diterima KPU

foto : Nurul Amalia

Surabaya,(DOC) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Surabaya akhirnya menutup pendaftaran bakal calon legislative (Bacaleg) pada pukul 23.59 Wib, Selasa(17/7/2018) malam kemarin.

Sebanyak 15 Parpol di kota Surabaya yang terdaftar sebagai Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, telah menyerahkan berkas Bacalegnya masing-masing.

15 Parpol itu adalah Partai Solideritas Indonesia (PSI), Partai Demokasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demorkat (Nasdem), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat (PD), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Persatuan Pembangunan(PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Komisioner KPU Surabaya, Divisi Teknis, Nurul Amalia, S.Si. menyatakan, seluruh berkas Bacaleg dari 16 Parpol peserta Pileg 2019 telah lengkap diserahkan ke KPU Surabaya sebelum masa pendaftaran ditutup.

“Total jumlah Bacaleg DPRD kota Surabaya sebanyak 705 orang. Ada beberapa Parpol yang mendaftarkan Bacalegnya tak mencapai kuota,” ungkapnya, Rabu(18/7/2018).

Menurut Nurul, 4 (empat) Parpol yang mengajukan Bacalegnya tak mencapai kuota yaitu, Partai Hanura yang mengajukan 49 Bacaleg, PKPI mengajukan 19 Bacaleg, Partai Garuda sebanyak 15 Bacaleg dan PSI sebanyak 22 Bacaleg.

“Selain 4 Parpol itu, semua kuota Bacaleg terpenuhi,” imbuhnya.

Tahapan berikutnya, lanjut Nurul, KPU akan membuka masa perbaikan berkas Bacaleg dari Parpol peserta Pileg 2019 yang akan dijadwalkan pada tanggal 22-31 Juli 2018.

“Bila ada berkas yang kurang akan ditunggu di tanggal itu. Setelah masa perbaikan selesai, lalu bulan Agustus pengumuman DCS (Daftar Calon Sementara) dan 20 September penetapan (DCT) Daftar Calon Tetap,” pungkas Nurul.(rob/r7)