Berkas Perkara Pelaku Kerusuhan Sampang P-21

 Featured, Hukum

Rois dikawal petugas Direktorat Tahanan dan penyidik dari Ditreskrimum Polda Jatim.

Surabaya (DOC) – Salah satu tersangka pelaku kerusuhan yang melibatkan Syiah dan Sunni di Sampang, Rois Al Hukamah dikirim ke Kejati Jatim. Rosi dikirim ke Kejati setelah berkas perkaranya dinyatakan lengkap (P-21). Rois dilimpahkan ke Kejati Jatim bersama barang buktinya.

Dengan tangan diborgol, Rois juga mengenakan penutup wajah warna hitam. Dia berjalan keluar dari gedung Ditreskrimum Polda Jatim menuju ke mobil tahanan.

Selama berada  di gedung Kejati Jatim, Rois mendapatkan pengawalan 4 petugas dari Direktorat Tahanan dan Barang Bukti, serta 4 penyidik dari Ditreskrimum Polda Jatim.

Meski sudah dilimpahkan, hingga kini belum jelas dimana tempat persidangan untuk Rois bakal digelar.

“Belum tahu dimana lokasinya. Apakah di Surabaya atau Sampang, masih belum ada keputusan,” kata Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Mulyono kepada wartawan di Gedung Kejati Jatim, Jl Ahmad Yani, Kamis (25/10/2012).

Menurutnya, meski tempat kejadian perkara kerusuhan tersebut di Sampang, belum tentu persidangannya akan digelar di Sampang, karena mempertimbangkan aspek keamanan agar jalannya persidangan yang lancar.

Mulyono mengatakan, pihaknya masih menunggu fatwa dari Mahkamah Agung (MA) mengenai tempat persidangan pelaku.

Selain tempat persidangan yang belum jelas usai dilimpahkan dari penyidik Polda Jatim bersama barang bukti dan berkas-berkasnya, Kejati juga masih belum mengetahui tempat penahanan sementara lantaran masih menunggu pengacara Rois Al Hukamah.

Selain Rois, saat ini terdapat 4 tersangka lainnya yang masih dalam proses penyidikan di Polda Jatim. Mereka adalah Mat Safi, Hadiri alias Hosen, Saniwan, Mukhlis.

Sebelumnya, pelimpahan tahap kedua salah satu tersangka, Arifin, sudah telebih dahulu dilakukan sebelum Rois. (k3/r3)