Beta Karoten Baik Bagi Tubuh

Tidak ada komentar 151 views

Surabaya, (DOC) – Beta karoten termasuk dalam jenis antioksidan yang baik sekali bagi tubuh. Yang unik dari beta karoten adalah warna pigmennya merah atau oranye. Ini membuat Anda lebih mudah mengenali jenis sayur dan buah yang mengandung beta karoten, yaitu dari warnanya.
Manfaat beta karoten pastinya besar dan hebat bagi kesehatan tubuh manusia, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Apa saja manfaat dari antioksidan tersebut? Berikut ini seperti dilansir oleh laman Mag for Women:
Usir radikal bebas
Ini adalah manfaat hebat pertama dari beta karoten, yaitu mengusir radikal bebas dari dalam tubuh. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan dalam sel tubuh, termasuk sel kulit dan memicu penuaan dini.
Cegah sakit jantung
Antioksidan beta karoten bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung atau serangan jantung. Ia menjaga kesehatan kardiovaskular atau pembuluh darah.
Kanker
Kanker kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV dari matahari, dapat dicegah dengan konsumsi beta karoten dari berbagai jenis sayur. Salah satu pemicu kanker adalah radikal bebas, jadi beta karoten membantu menghilangkan radikal bebas penyebab kanker.
Anda dapat memperoleh beta karoten dari sayur segar semisal wortel, labu kuning, ubi jalar oranye, paprika, atau brokoli dan bayam. Mengonsumsi sayur segar akan lebih banyak memberi manfaat beta karoten ketimbang suplemen. Konsumsi 1 buah wortel dalam bentuk jus juga baik dilakukan setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Jadi, lebih baik konsumsi dalam bentuk segar, ya. (sdm/r4)