‘Biar Surabaya Berkicau’, Apresiasi NasDem untuk Surabaya

Surabaya, (DOC) – Pelepasan ribuan burung Kutilang, Prenjak, Perkutut dan Emprit atau Pipit ke alam bebas dengan tagline ‘Biar Surabaya Berkicau’ yang digelar Partai NasDem di acara tengah Car Free Day (CFD) di dekat Taman Bungkul, Jalan Raya Darmo berjalan meriah, Minggu (5/1/2015).
Pelepasan burung tersebut sebagai bentuk dukungan kepada program pemerintah kota yang berpihak kepada lingkungan dan fauna.Selain itu, NasDem juga membentangkan kain sepanjang 8 meter untuk warga yang ingin menuliskan pesan terkait penyelamatan burung dan pelestarian alam hingga menjadikan Surabaya kota yang ramah lingkungan.
Pelepasan ribuan burung itu dilakukan oleh Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem Sri Sajekti Sudjunadi, Sekretaris DPW Partai NasDem Jawa Timur Aminurrohman, serta kader Partai NasDem lainnya.
Selain itu, juga dikejutkan dengan kehadiran Ketua PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. Ratusan warga yang hadir di CFD juga ikut berebut untuk membebaskan ribuan burung itu.
Warga dan kader NasDem yang datang dari berbagai daerah seperti Sidoarjo, Pasuruan, Gresik, Jombang dan lainnya pun suka cita setelah menyaksikan ribuan burung yang dibeli dari berbagai pasar burung itu terbang merdeka.
Setelah lepas dari kurungan, ribuan burung tersebut terbang ke alam bebas dan hinggap di pepohonan yang rindang. Namun, juga ada burung yang tidak bisa terbang, sehingga sebagian warga menangkapnya. “Ayo dilepas, jangan di bawa pulang. Biarlah mereka terbang bebas,” kata seorang remaja yang ikut melepaskan burung.
Selain di Taman Bungkul, kader Partai NasDem juga akan melepaskan sebagian burung tersebut ke beberapa taman di Surabaya lainnya seperti Taman Prestasi, Taman Ekpresi di Jalan Genteng Kali, Taman Ketabang dan taman di Jalan Biliton. Pelepasan burung di taman-taman tersebut juga disambut warga yang sedang menghabiskan liburan.
“Saya mau..saya mau…,” teriak beberapa orang sembari meminta burung-burung yang dibawa kader NasDem untuk dilepaskan.
Sementara itu NasDem berpesan kepada warga kota untuk menjaga burung-burung di taman. “Nantinya warga yang rekreasi di taman kota bisa menikmati kicauan burung dan nyaman melihat burung beterbangan di sekitarnya,” kata Aminurrohman. Kepada warga Surabaya, program pemimpin daerah yang baik harus mendapat apresiasi.
“NasDem mengapresiasi program Bu Risma. Semoga burung-burung di taman itu langgeng dan menjadi Kota Surabaya sebagai kota yang nyaman bagi warganya maupun wisatawan yang berkunjung,” tambah Aminurrohman.
Sementara itu, Sri Sajekti Sudjunadi mengatakan, Kota Surabaya memiliki kepala pemerintah yang sudah pro lingkungan. Komitmen Tri Rismaharini itu bisa dilihat dengan banyaknya taman yang asri, rindang dan bersih yang tersebar di penjuru Kota Pahlawan.
Begitu pula, NasDem kata Sri Sajekti Sudjunadi, kebersihan juga terlihat di Sungai Kalimas yang membelah kota. “Sehingga kita melepaskan ribuan burung ini sangat relevan. Warga bisa hidup berdampingan dengan burung,” katanya.
Ia menambahkan, jika warga Surabaya menginginkan dan mendukung aksi pelepasliaran burung di taman-taman di Kota Surabaya, maka NasDem akan mengabulkannya.
“Kalau warga menghendaki, saya akan meminta Ketua Umum Partai NasDem Bapak Surya Paloh hadir di Surabaya, untuk melepaskan 100 ribu ekor burung emprit di taman-taman yang ada di Surabaya,” tandasnya. (r4)