BNN Bongkar Peredaran Narkoba Jenis Baru Berbentuk Cairan 4-CMC

Jakarta,(DOC) – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali temukan narkotika jenis baru yakni 4-CMC (Klorometkatinona) yang dioplos kedalam minuman kemasan bernama Blue Safire.

Narkoba jenis 4-CMC ini berbentuk cairan yang dikirim langsung dari Tiongkok melalui sebuah perusahaan jasa titipan, berhasil digagalkan oleh BNN dikawasan Bandara Soekarno Hatta. Sebanyak 50 liter narkoba jenis 4-CMC yang akan disebar ke Indonesia diamankan oleh pihak BNN.

“Minuman kemasan Blue Safire tersebut merupakan campuran bahan kimia 4-klorometkatinona (4-CMC) atau sebuah zat turunan dari katinon yang di campur dengan air,” ujar Komjen Budi Waseso, Kepala BNN Pusat, saat konfrensi pers, Kamis(2/2/2017).

Selain mengamankan barang bukti, BNN juga menangkap dua orang tersangka yakni Edi Pidono sebagai distributor dan Hendro sebagai pemesan barang dari Tiongkok.

“4-CMC semacam senyawa sintetik turunan katinon yang biasanya berbentuk kristal warna putih. Namun yang di edarkan secara illegal di Indonesia bentuknya berupa cairan warna biru  yang dijual dalam kemasan. Jika dikomsumsi sangat berbahaya karena mempunyai efek stimulant seperti Shabu,” tambahnya.

Diwaktu bersamaan, BNN juga mengamankan sepuluh kilogram shabu dari sindikat internasional di kawasan Medan, Sumatera utara.