BPM Jatim Targetkan Kuasai Perijinan PMA

 Ekonomi, Featured

Surabaya, (DOC) – Badan Penanaman Modal (BPM) Jawa Timur menargetkan bisa menguasai perijinan untuk Penanaman Modal Asing (PMA) yang akan masuk ke Jawa Timur pada tahun 2013.

Kepala BPM Jawa Timur, Warno Harisasono berharap, dengan menguasai perijinan untuk PMA akan lebih meningkatkan realisasi investasi PMA di Jawa Timur.

Menurutnya, apabila Jatim bisa menguasai perijinan untuk PMA, segala macam perijinan akan jauh lebih mudah. Selain itu, lanjut dia, instruksi dan kebijakan dari Pemerintah Propinsi Jawa Timur untuk menarik PMA sebanyak-banyaknya karena terbatasnya ketersediaan keuangan dalam negeri bisa terlaksana.

Untuk saat ini, data dari BPM Jatim menyebutkan, terdapat realisasi investasi mencapai Rp 90.03 triliun memasuki kwartal III tahun 2012.

Rinciannya, untuk Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp 17.05 trliiun, Penanaman Modal Dalam Negri (PMDN) 19.66 trilyun rupiah dan investasi daerah Rp 53.32 triliun.

Realisasi investasi ini meningkat 11.34 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2011 lalu, dimana untuk realisasi investasi hanya mencapai Rp 80.86 triliun. (r8/r3)