BPOM: Jangan Beli Kosmetik via Online

Tidak ada komentar 159 views

Jakarta, (DOC) – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) makin gerah dengan banyaknya kosmetik dan obat-obatan ilegal yang dipasarkan secara bebas. Produk seperti ini belum melalui lulus uji dari BPOM dan berpeluang memiliki kandungan yang membahayakan bagi tubuh. Apalagi, kosmetik dan obat ilegal saat ini sangat laku dijual secara online baik lewat web maupun aplikasi sosial media.
Ketua BPOM, Roy Sparingga, mengungkapkan pihaknya akan mengambil langkah tegas untuk masalah ini. Masyarakat diminta untuk waspada dan menghindari kosmetik maupun obat palsu yang tidak memiliki izin edar. Tidak semua produk tersebut sudah memiliki izin BPOM untuk menjaga keamanan produk ketika dikonsumsi.
“Jangan beli secara online. Bahaya sekali. Belilah di tempat-tempat yang legal (mempunyai izin),” kata Roy seperti dilansir Merdeka dari Antara.
Menurut Roy, risiko yang dapat dialami oleh konsumen bisa sangat parah. Sangat dimungkinkan sebuah produk memiliki zat yang judtru menjadi racun.
Kandungan merkuri pada kosmetik ilegal, contohnya, dapat menjadi zat karsiongenik bagi tubuh dan memicu pertumbuhan kanker. Efeknya bagi ibu hamil, bisa menyebab janin mengalami masalah pertumbuhan tubuh tidak wajar seperti mengalami kecacatan dan sebagainya.
Namun untuk pengusutan kasus penjualan kosmetik dan obat-obatan ilegal, BPOM kesulitan jika melakukannya sendiri. Oleh sebab itu, pihaknya telah melakukan kerja sama dengan pihak Polri untuk turut membantu mengungkap praktis bisnis membahayakan tersebut.Saat ini setidaknya sudah ada 129 situs penjualan obat ilegal yang telah diblokir agar tidak terjadi transaksi. (sdm/r4)