BPS Kekurangan Biaya Perjalanan Dinas

 Politik

Jakarta, (DOC) – Badan Pusat Statistik (BPS) nampaknya harus senang. Ini karena anggaran perjalanan dinasnya, sama sekali tak dipangkas DPR RI. Alasannya, kebutuhan anggaran dinas yang diajukan itu sebenarnya masih sangat kurang. Bahkan anggaran itu masih lima persen dari anggaran kebutuhan yang diajukan BPS.
Menurut anggota Komisi XI DPR RI, Laurens, pada hearing dengan Kepala BPS Suryamin, pejabat eselon I Kementerian Keuangan dan Bappenas, menyatakan jika wakil rakyat itu sangat maklum dengan tidak bisanya dilakukan penghematan biaya perjalanan dinas. BPS sendiri memang butuh dana itu dan itu juga untuk mengoptimalkan kerja BPS.
Sebenarnya, biaya perjalanan dinas BPD untuk 2013 itu mencapai Rp246 miliar, namun yang diajukan ke dewan sebesar Rp207,4 miliar. “Kalau melihat kebutuhan awal dengan angka yang diusulkan, masih sangat jauh,” ujar Suryamin.
Dana itu sendiri memang ditujukan untuk biaya petugas survei, instruktur pengawasan serta penempatan 511 lulusan Sekolah Tinggi Statistik di daerah-daerah. Sementara, untuk tahun depan, BPS akan melakukan survei pertanian dan itu butuh dana sebesar. Dengan dana yang diajukan itu, kekurangannya justru mencapai Rp339,58 miliar. (Dpd/R-4)