BPWS Gelar Pameran Foto Pesona Madura

Tidak ada komentar 216 views

Surabaya, (DOC) – Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) terus berupaya menggali dan mempromosikan potensi pariwisata di Pulau Madura. Salah satu kegiatan yang kini sedang dilakukan, yakni menggelar pameran foto bertajuk “Pesona Madura”. Kegiatan yang diselenggarakan dari tanggal 25 sampai 30 Nopember di pusat perbelanjaan Grand City Surabaya menampilkan 40 karya hasil jepretan puluhan fotografer professional.
Wakil Kepala BPWS, Herman Hidayat, Selasa (26/11/2013) mengatakan, pameran foto ini merupakan hasil karya pilihan dari fotografer yang telah memenangi lomba foto “Pesona Madura” yang diselenggarakan sejak 27 Oktober sampai 21 Nopember. “Foto-foto ini merupakan foto pilihan yang menampilakan potensi pariwisata di Pulau Madura dari berbagai sudut pandang,” katanya.
Dikatakannya, sejak perlombaan diumumkan pada tanggal 27 Oktober lalu, antusias para penggiat fotografi dan masyarakat umum baik yang berada disekitar Madura maupun dari kota-kota lain cukup tinggi. Dari catatan panitia peserta banyak yang berasal dari luar pulau Jawa, seperti Aceh, Makasar, Palembang, Denpasar, Dompu dan Maros. Peserta lain berasal dari Yogjakarta, Ngawi, Majalengka, Jakarta, Magetan, Surabaya, Sidoarjo. “Dari Madura sebanyak 27 peserta mengikuti lomba foto ini,” katanya.
Sejak minggu pertama lomba ini digelar, panitia saat itu telah menerima tidak kurang 100 foto karya 25 fotografer dari seluruh kota di Indonesia. Hingga hari akhir pelaksanaan lomba, total peserta yang mengikuti lomba foto “Pesona Madura” sebanyak 159 peserta dengan jumlah karya foto yang diikutkan dalam penjurian sebanyak 583 foto atau karya.
Total hadiah yang disediakan panitia dalam lomba ini yakni Rp 25 juta. Pemenang lomba ini diraih oleh Agus Susanto dari Jakarta, juara dua Muhammad Sujai dari Sidoarjo dan juara tiga Yasin Habibi dari Jember.
Ditambahkannya, tujuan lomba ini digelar yakni sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan butir-butir sapta pesona (aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan).
Lomba tersebut sekaligus sebagai upaya memperkenalkan objek dan daya tarik wisata yang layak untuk dikunjungi oleh wisatawan melalui seni fotografi dalam rangka mendukung slogan “Kenali Negerimu Cintai Negerimu” yang telah dicetuskan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kegiatan ini juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat komunitas, pecinta dan pehobi fotografi dalam berkontribusi memasyarakatkan program sadar wisata dan sapta pesona.
BPWS selama ini terus berupaya menerapkan Sustainable Tourism Development menjadi salah satu program prioritas pengembangan produk pariwisata minat khusus di pulau madura, seperti halnya wisata religi, wisata alam, wisata olah raga dan lain-lain. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan mengoptimalkan potensi keragaman budaya dan keindahan alam yang dimiliki masyarakat setempat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif dalam rangka melestarikan kekayaan alam dan budaya serta memberikan kesejahteraan masyarakat.
Kegiatan kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke berbagai destinasi di nusantara termasuk diantaranya di pulau madura juga telah terbukti berkontribusi secara signifikan dalam menyelamatkan bangsa ini dari krisis ekonomi, baik dari segi pendapatan maupun dari segi lapangan pekerjaan.
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor strategis dalam menggerakkan perekonomian indonesia dan menjadi bagian dari perekonomian global. berlangsungnya revolusi 3T (Transport, Telecomunication, Tourism), menunjukkan bahwa kegiatan pariwasata telah menjadi salah satu kekuatan yang mampu mempercepat penyatuan dunia dalam integrasi ekonomi dan pergerakan manusia lintas daerah dan bahkan lintas negara. (kjt/r4)