Buruh Tuntut Perbaikan Upah

Tidak ada komentar 207 views

Aksi buruh di Sidoarjo

Surabaya, (DOC) – Aksi unjuk rasa kembali dilakukan para buruh dari berbagai perusahaan di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Senin (22/10/2012). Tuntutan mereka tetap seperti aksi  sebelumnya yakni masalah perbaikan upah.

Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia FSPMI Sidoarjo, Khamim mengatakan buruh meminta agar dewan pengupahan Sidoarjo segera mengusulkan upah minimum kabupaten (UMK) tahun 2013 sebesar Rp 2 juta. “Tuntutan kami ini merupakan permintaan buruh dan telah disampaikan dalam aksi mogok buruh nasional beberapa waktu lalu,” papar Khamim di Sidoarjo.

Usulan upah itu dinilai sangat wajar dan telah disesuaikan dengan hasil survey 84 item kebutuhan hidup layak (KHL) buruh. “Kami mendesak dewan pengupahan segera merekomendasi usulan ini dan melaporkan ke Gubernur Jatim,” pintanya.

Buruh yang melakukan aksi demo di Sidoarjo berasal dari 23 Federasi Serikat Pekerja dan titik terakhir aksi demo di kantor Bupati Sidoarjo. Sebagian buruh yang sudah turun jalan berusaha melakukan sweeping ke perusahaan  dan meminta buruh yang tengah bekerja untuk mendukung aksi mereka. Upah Minimum Kabupaten Sidoarjo yang berlaku tahun 2012 ini Rp 1.252.000. Para buruh mengancam akan melakukan aksi mogok secara nasional jilid kedua jika tuntutan mereka tidak dipenuhi. (kbr/K-4/R4)