Cabut Pentil Ban Libatkan Masyarakat

Tidak ada komentar 117 views

Surabaya, (DOC) – Dinas Perhubungan Kota Surabaya mengajak semua warga ikut berpartisipasi dalam menertibkan kendaraan yang parkir sembarangan di jalan.
“Warga bisa langsung melapor ke Dinas perhubungan (Dishub) ketika melihat mobil parkir sembarangan di daerahnya,” kata Kasi Penertiban Dishub Surabaya Tri Wahyu Bowo, di Surabaya, Kamis.
Menurut dia, petugas dari Dishub pada Kamis ini menyisir Jalan Raya Margorejo setelah memperoleh laporan dari warga tentang kendaraan yang parkir sembarangan di sana. Hasilnya, petugas langsung bergerak cepat dengan mendatangi lokasi yang ditunjukan oleh warga.
“Penyisiran ini menindaklanjuti informasi dari masyarakat kalau di kawasan elit Margorejo ada parkir yang sembarangan,” katanya.
Tim gabungan dari Dishub berulang kali menyisir Jalan Margorejo dari arah timur maupun ke barat. Hasilnya, petugas kepolisian maupun Dishub menilang angkutan kota (angkot) yang parkir di dekat rambu larangan parkir. Para petugas pun langsung memberikan surat tilang para pemilik kendaraan.
Selain menilang sopir angkot, mereka juga menilang mobil keliling restoran masakan padang karena mobil tersebut memarkir kendaraannya dan berjualan di tempat larangan parkir. Beberapa kendaraan pribadi pun tak lepas dari aksi pengembosan karena melanggar aturan parkir.
“Di Margorejo yang terkena tilang ada lima kendaraan, semua ini berkat laporan dari masyarakat,” kata Henri Utoyo, salah satu petugas Dishub lainnya.
Langkah melibatkan masyarakat, kata Tri Wahyu, memang dilakukan untuk memperlebar penyisiran yang diakukan Dishub. Hasilnya pun dianggap efektif karena banyak keluhan dari masyarakat yang terganggu atas ulah pemilik kendaraan yang parkir ngawur di pinggir jalan.
Bagi warga yang ingin mengirimkan laporan bisa datang langsung ke kantor Dishub atau menghubungi call center yang sudah disediakan. Para petugas yang siaga di lapangan bisa langsung datang ke lokasi yang sudah ditunjukan.
Kepala Dishub Kota Surabaya Eddi mengatakan, proses penyisiran terus dilanjutkan setiap hari. Jadwal penyisiran dilakukan secara bertahap di tiap wilayah.
Pihaknya juga menyiapkan rute dadakan setelah ada laporan dari masyarakat. Sehingga semua wilayah di Surabaya bisa dilakukan penyisiran parkir liar.
“Kami tetap melakukan efektifitas anggota di lapangan. Jadi semua laporan akan kami tindak lanjuti,” katanya. (r4)