Caleg Golkar Digerojok Dana Kampanye Milyaran

Tidak ada komentar 175 views

Surabaya – Calon anggota legislative DPD Partai golkar Surabaya akan digerojok dana kampanye untuk pemilihan legislative 2014 dari pengurus Pusat sekitar 1 Miliar. Ketua DPD Partai golkar Surabaya, Adies kadir , Minggu (20/1/2013) mengungkapkan, bantuan yang diberikan oleh DPP Partai golkar tersebut diperuntukkan biaya operasional selama masa kampanye.
“DPP bantu tiap caleg sebesar 1 miliar, bentuknya operasional untuk bendera, kaos dan spanduk” ujar nya.
Anggota Fraksi partai Golkar DPRD Surabaya ini memperkirakan besaran dana yang digelontor sekitar 70 miliar rupiah.
“Kita perkirakan dengan 7 dapil, dan masing-masing dapil 10 caleg. Jadi, sekitar 70 miliar untuk kebutuhan alat peraga partai” tegas Adies.
Jika pemilu sebelumnya hanya meraih 4 kadernya di lembaga legislative, mendatang, Partai Golkar menargetkan mampu meraih suara 3 besar terbanyak dengan estimasi 10 kursi di DPRD kota Surabaya.
“Gak muluk-muluk (berlebihan), kita targetkan meraih 10 kursi, tiga besar di Surabaya” mantan ketua DPC MKGR Surabaya.
Adies Kadir mengungkapkan, dalam menghadapi pemilihan legislative 2014, pihaknya menyiapkan 300 kadernya. Hampir separuh dari caleg tersebut adalah kaum perempuan. Sebelum menentukan caleg, DPD Partai golkar menawarkan terlebih dahulu kepada para kadernya. Namun, mereka yang siap maju dalam pileg harus memenuhi beberapa persyaratan.
“Persyaratannya haus mempunyai kemampuan, materi dan sehat. Jika salah satu tidak terpenuhi lebih baik mundur” kata mantan advokad ini.
Untuk menilai kemampuan caleg, persyaratan administrative minimal sarjana (S-1). Sementara, kualifikasi materi berkait dengan tabungan yang wajib dimiliki. “Financial minimal harus punya tabungan 100 juta. Itu digunakan untuk kampanye mereka” paparnya. Ia mengakui, dalam proses kampanye membutuhkan anggaran yang cukup besar, selain untuk biaya pemasangan alat peraga, para caleg juga perlu melakukan sosialisasi ke masyarakat.(K-4)