Caleg Partai Nasdem Desak Pemkot Cairkan THR Secara Utuh

foto : Agus Santoso

Surabaya,(DOC) – Tak terbayarnya tunjangan kinerja para pegawai negeri di lingkungan Pemkot Surabaya pada tunjangan hari raya (THR) lebaran tahun 2018 ini, nampaknya juga menarik perhatian dari calon legislative (Caleg) Partai Nasdem Dapil 3 Surabaya, Agus Santoso.

“Saya heran dng Surabaya yg termasuk kota metropolitan ke.2 terbesar setelah Jakarta, sebetulnya harus malu dng Pernyataan Mendagri ‘Apakah Surabaya sudah Miskin sampai2 ngak bisa bayar THR’, Saya mendorong Pemkot agar segera membayarkannya,” tulis Agus melalui pesan Whatsapp pribadinya, Senin(11/6/2018).

Mantan anggota DPRD kota Surabaya periode lalu ini,menyatakan, selama ini para petugas dan pegawai Pemkot telah bekerja maksimal merawat kota Pahlawan hingga menjadi indah, tertib, aman serta nyaman untuk disinggahi. Sudah seharusnya mereka mendapat reward berupa THR secara utuh.

“Kalau diruntut dari APBD Surabaya 2018, sudah mencapai 9 triliun lebih. Miris kalau dibilang kota Surabaya tidak bisa bayar THR seluruh pegawainya. Ini amatlah lucu, sebab SILPA dari APBD setiap tahunnya mencapai 1 triliun lebih yang bisa digunakan untuk bayar THR, terus dikemanakan,” katanya.

SILPA itu, lanjut Agus, merupakan sisa anggaran APBD yang tak terpakai untuk pembangunan kota yang dikembalikan ke kas daerah. Sebaiknya jangan di tabung karena uang itu bersumber dari rakyat yang bisa digunakan untuk kesejahteraan rakyat.

“Apakah sekarang ini berubah status kota Surabaya menjadi kota Penyimpan/Penabung uang rakyat , padahal sumber uang APBD kota Surabaya itu dari rakyat. Semestinya Uang APBD itu dikembalikan ke rakyat dlm bentuk mensejahterakan rakyat, termasuk petugas2 yg menjalankan APBD tersebut,” imbuhnya.

Ia berharap Pemkot dan DPRD kota Surabaya bisa mencairkan dana tunjangan kerja tersebut, karena merupakan hak rakyat. Meskipun mekanisme dengan cara di cicil setelah lebaran nanti.

“Hukumnya wajib diberi THR untuk lebaran, maka dari itu saya sebagai kader partai NasDem dan mantan anggota DPRD Kota Surabaya mendesak Pemkot Surabaya se segera mungkin memberikan / merealisasikanTHR tersebut karena sudah menjadi instruksi dari Mendagri,” pungkasnya.(rob/r7)