Camat Simokerto Copot Jabatan Ketua RT Tanpa Alasan, Ketua Komisi C Siap Menindak

foto ; Syaifudin Zuhri

Surabaya,(DOC) – Sejumlah warga RT 1 / RW 6 kelurahan Simokerto melaporkan tindakan Camat Simokerto, Nono Indriyono yang dianggap arogan ke Komisi C DPRD kota Surabaya, Senin(13/11/2017).

Warga memprotes pencopotan jabatan Sugiharto sebagai Ketua RT 1/ RW 6 Simokerto, tanpa disertai alasan yang jelas.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya, Syaifuddin Zuhri usai menerima laporan warga, mengecam tindakan Camat Simokerto tersebut.

Ia meminta Kabag Pemerintahan, Edy, untuk menindaklanjuti serta mengecek kebenaran kejadian ini.

“Jabatan Ketua RT merupakan pilihan warga, dan menurut keterangan warga yang bersangkutan sudah mendapat pengesahan secara resmi dari Wali Kota. Sehingga camat tidak bisa semena-mena mencopot jabatan RT,” tandasnya.

Syaifuddin mengancam akan lapor ke Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini dan Inspektorat, jika ulah camat Simokerto ini tak segera diproses.

“Bila tidak ada tindakan dari pihak Kabag Pemerintahan, saya akan menghadap langsung ke Wali Kota, karena ini semena-mena,” cetusnya.

Ia menengarai adanya kepentingan lain dengan memberi legitimasi Ketua RT yang baru dan memberhentikan Ketua RT yang lama. Padahal ini tidak mendasar serta tidak diatur dalam Peraturan Wali kota (Perwali).

“Maka, camat menyalahgunakan kewenangannya dalam melegalitaskan RT yang baru,” jelasnya.

Dalam Perwali, tugas dan fungsi pemerintah terhadap masyarakat hanya sebagai pengayom. Sehingga kekuasaan utuh di tangan masyarakat saat penentuan jabatan RT, RW, LPMK. Perwali, lanjut dia, hanya mengatur mekanisme dan tata cara pemilihan hingga pelantikannya saja.

“Saya minta Camat Simokerto harus berani mencabut SK yang dikeluarkan untuk Ketua RT yang baru,” pungkasnya.

Informasi warga, peristiwa itu berawal dari usulan Sugiharto sebagai Ketua RT 1 / RW 6 yang meminta agar jalan dipaving sekaligus dibangun plengsengan saluran untuk menghindari longsor.

Namun usulan tersebut ditentang pihak kecamatan, yang berujung pada mosi tidak percaya. Seketika itu juga, Camat Simokerto langsung mencopot jabatan Sugiharto sebagai ketua RT 1/ RW 6 kelurahan Simokerto, kecamatan Simokerto Surabaya.(rob/r7)