D-ONENEWS.COM

Cegah Asam Urat Kambuh Karena Makan Kambing Dengan Cara Ini

makan daging kambing
Jakarta, (DOC) – Idul Adha baru saja berlalu, namun di rumah Anda mungkin masih tersisa hidangan dari daging kambing. Ya, perayaan Idul Adha memang tidak bisa lepas dari makanan satu ini. Anda yang menderita penyakit, seperti asam urat mungkin was-was jika makan daging kambing terus. Tapi, rasanya yang lezat mungkin sulit terelakkan.
Nah, sebaiknya jangan khawatir, Anda yang menderita asam urat masih boleh makan daging kambing. Tapi, dengan catatan, hanya dalam porsi kecil saja ya. Dan, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan di bawah ini setelah makan kambing agar asam urat tidak kumat.
Apa saja yang harus dikonsumsi?
Pertama adalah air putih. Perbanyak minum air putih. Selain untuk menghidrasi tubuh Anda, air putih juga membantu tubuh mengeluarkan zat sisa atau racun yang tidak dibutuhkan tubuh, salah satunya yaitu asam urat. Anda mungkin perlu minum lebih banyak air putih setelah mengonsumsi daging kambing.
Makan banyak buah, terutama yang mengandung antioksidan tinggi, seperti buah ceri, jeruk, jambu biji, dan kiwi. Buah ceri mengandung antosianin yang berfungsi sebagai antiperadangan, sehingga mampu mengurangi kadar asam urat dan mencegah asam urat mengkristal. Selain itu, jeruk, jambu biji, dan kiwi merupakan buah yang tinggi vitamin C. Buah-buahan ini bisa membantu mengurangi asam urat dan mengeluarkannya melalui urine.
Selain itu, buah pisang juga ternyata berguna bagi Anda penderita asam urat. Pisang mengandung kalium tinggi yang mampu mengikat asam urat dan mengeluarkannya melalui urine. Untuk itu, makan buah pisang sebagai hidangan penutup setelah makan hidangan dari daging kambing tampaknya sangat menguntungkan.
Selain buah, teh hijau juga mengandung antioksidan tinggi. Sehingga, bisa mencegah asam urat kambuh. Minum teh hijau setelah mengonsumsi daging kambing rupanya bisa mengurangi kadar asam urat dalam darah. Dan, jangan lupa, memakan banyak sayur juga penting agar asam urat tidak kambuh. Sayuran mengandung kaya serat yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. (and)

Loading...

baca juga