Cegah HIV/AIDS, Parlemen Zimbabwe Sunat Massal

 Featured, Lainnya

Zimbabwe, (DOC) – Khitan atau sunat ternyata diakui sebagai upaya untuk menekan penyakit yang bersumber dari alat kelamin. Di luar negeri, ada upaya untuk menekan penyebaran HIV/AIDS melalui sunat. Seperti yang dilakukan sejumlah parlemen di Zimbabwe.

Beberapa bulan lalu, 68 anggota parlemen Zimbabwe sampai rela menjalani sunat. Seperti dilansir NewsDay-Zimbabwe, tindakan sunat massal itu untuk menunjukkan komitmen menekan penyebaran HIV/AIDS.

Para parlemen itu, sehari sebelum disunat, memang harus menjalani konseling di gedung parlemen. Dipimpin Ketua Gerakan Anggota Parlemen Melawan HIV/AIDS, Blessing Chebundo, para parlemen itu secara khusus mengikuti konseling tentang manfaat sunat. Hasilnya, sejumlah anggota parlemen, rela disunat.

“Mereka juga mau menjalani tes HIV/AIDS. Untuk anggota parlemen wanita, tentu harus mengajak pasangannya untuk sunat. Sebelumnya, saat ide ini dilontarkan Wakil Perdana Menteri Thokozani Khupe pada September 2011, idenya ditolak. Tapi kini, sudah bisa diterima,” tandas Chebundo.

Data Dewan Nasional AIDS menunjukkan, 1,1 juta warga Zimbabwe merupakan pengidap HIV dan 150.000 di antaranya adalah anak-anak.  Melalui program sunat, yang diluncurkan sejak 2009, pemerintah Zimbabwe menargetkan 1,2 juta anak lelaki dan pria sudah disunat pada 2015. (bcb/r4)