D-ONENEWS.COM

Cegah Tekanan Darah Tinggi Dengan Membatasi Makanan Ini

mencegah tekanan darah tinggi
Semakin tua usia Anda, semakin besar juga peluang Anda untuk mengalami tekanan darah tinggi. Ya, usia merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah tinggi. Hal ini karena pembuluh darah Anda menjadi kurang elastis seiring dengan pertambahan usia Anda, terlebih jika pola makan Anda kurang terjaga dengan baik.
Tak heran, banyak orang tua yang mengalami tekanan darah tinggi. Tekanan darahnya bisa mencapai lebih dari 120/80. Jika tekanan darah Anda berangsur-angsur meninggi, lebih dari 140/90, maka bisa dikatakan bahwa Anda memiliki penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi).
Untuk mencegah hal ini, ada satu hal yang bisa Anda lakukan. Dan, mungkin ini menjadi hal paling efektif untuk mencegah Anda dari hipertensi. Yaitu dengan cara mengontrol asupan makanan Anda, terutama yang mengandung natrium (garam).
Tak hanya garam meja yang biasa Anda pakai untuk memasak. Tapi juga garam-garam tersembunyi yang banyak terdapat dalam makanan kemasan, seperti makanan kaleng, makanan ringan, saus, dan makanan yang telah mengalami banyak proses. Selain itu, fast food yang menjadi kesukaan Anda dan anak-anak juga ternyata mengandung garam yang tinggi.
Penting bagi Anda untuk membatasi makanan-makanan tersebut (yang mengandung garam tinggi). Sebaliknya, konsumsilah makanan yang mengandung kalium (seperti pisang), magnesium, dan serat (yang ada di banyak buah dan sayur). Ketiga kelompok makanan tersebut dapat membantu Anda mengontrol tekanan darah. Sehingga, Anda bisa terhindar dari tekanan darah tinggi.
Anda juga perlu untuk mengecek kandungan garam (natrium) pada setiap makanan kemasan yang Anda makan. Ini dapat membantu Anda mengontrol asupan garam Anda. Anjuran asupan garam setiap hari adalah hanya sekitar 1 sendok teh atau sekitar 2.400 mg natrium. Ini termasuk semua garam yang terkandung dalam semua makanan yang Anda makan.

Loading...

baca juga