Changcuters, Netral, Cherrybelle Hadir di Simfoni Untuk Bangsa

Surabaya,(DOC) – Persiapan konser musik “Simfoni untuk Bangsa” dalam rangka peringatan Hari Pahlawan telah memasuki tahap akhir. Seluruh pihak terkait telah menyatakan kesiapannya guna mendukung kelancaran konser yang bakal dihelat di Taman Surya pada Sabtu malam (16/11/2013) tersebut.
Kepala Bakesbangpol dan Linmas Kota Surabaya, Soemarno mengatakan, konser akan dimulai tepat pukul 19.00 WIB. Berdasar hasil rapat di balai kota pada Kamis (14/11/2013) lalu, kata dia, total jumlah personel pengamanan mencapai 2.500 orang. Angka tersebut merupakan gabungan dari unsur Pemkot Surabaya dengan jajaran samping, dalam hal ini TNI-Polri serta PMI.
“Secara keseluruhan kami sudah melakukan pengecekan akhir bersama instansi yang terlibat. Intinya kami siap mengamankan kelancaran acara,” ujarnya.
Dijelaskan Soemarno, beberapa ruas jalan akan ditutup selama penyelenggaraan konser. Diantaranya Jl Walikota Mustajab, Jl Yos Sudarso, Jl Sedap Malam dan sebagian Jl Jaksa Agung Suprapto. “Oleh karenanya, kendaraan yang hendak melewati jalan-jalan tersebut akan dialihkan. Sedangkan langkah sterilisasi sudah akan dilakukan dua jam sebelum acara dimulai,” tutur pejabat berkumis tebal itu.
Sementara itu, Yahya dari perwakilan pihak penyelenggara mengatakan, konser Simfoni untuk Bangsa kali ini bakal dimeriahkan oleh sederet artis papan atas. Antara lain, The Changcuters, Setia Band, Netral, Cakra Khan, Cherrybelle, dan Duo Maia. Sedangkan yang didapuk sebagai host yakni Robby Purba, Lolita, dan Pica.
Menurut pria yang akrab disapa Opa, konser musik ini merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap jasa para pahlawan. “Nantinya, para musisi akan mengenakan kostum bertema pejuang sambil membawakan lagu-lagu perjuangan,” katanya saat jumpa pers di balai kota, Jumat (15/11/2013).
Dari pihak artis, Changcuters mengaku akan memanfaatkan moment konser ini untuk memperkenalkan satu lagu baru. Disamping lagu-lagu lain yang sudah akrab di telinga Changcutrangers -sebutan penggemar Changcuters-. “Selain itu, kami juga akan berkolaborasi dengan Netral membawakan lagu bertema perjuangan,” ungkap Tria, sang vokalis grup band asal Bandung tersebut.
Sekretaris panitia peringatan Hari Pahlawan, Yayuk Eko Agustin memohon doa restu seluruh masyarakat agar konser dapat berjalan lancar. Dia berharap para penonton juga bisa menjadi bagian dari pengamanan, yakni dengan cara menonton konser secara tertib dan tidak membawa benda-benda yang membahayakan. Seperti bendera dengan tongkat panjang maupun senjata tajam dan minuman keras.
Yayuk yang juga menjabat Asisten I Sekkota Surabaya (bidang pemerintahan) itu menghimbau penonton tidak memaksakan diri merangsek ke dekat panggung. Sebab, panitia sudah menyiapkan tujuh layar raksasa yang ditempatkan di beberapa titik. “Penonton bisa memanfaatkan layar yang sudah disediakan panitia,” himbaunya.(humas/r7)