Ciuman Itu Sehat?

Tidak ada komentar 286 views

Surabaya, (DOC) – Ciuman itu mengasikkan. Sepertinya tidak lengkap kalau suami istri ingin berhubungan intim atau sekadar mengakrabkan diri dengan pasangannya tanpa ciuman. Ciuman pun memiliki beberapa fakta yang sebaiknya dipahami.
Inilah beberapa diantara fakta berciuman:
Ciuman membuat jantung lebih sehat. Mencium pasangan dalam rentang waktu lama akan meningkatkan detak jantung hingga 110 per menit. Artinya, jantung memompa darah lebih cepat dan ini melatih jantung makin kuat. Di saat yang sama, produksi air liur melimpah dan memberikan perlindungan bagi gigi.
Ciuman membakar kalori cukup tinggi. Ketika pasangan bercumbu selama satu menit, mereka bisa membakar 26 kalori. Ini seperti olahraga dalam kadar ringan. Di samping itu, ada 34 otot wajah yang ikut terlaltih selama berciuman.
Ciuman memiliki efek membahagiakan. Pasalnya orang yang berciuman memiliki kadar yang lebih tinggi untuk hormon dopamin, endorfin, dan phenylethylamin. Dopamin, contohnya, menyetimulasi pikiran untuk merasa tenang dan bahagia. Ketiga hormon tersebut memberikan stimulan rasa menyenangkan selama berciuman.
Ciuman juga menjadi jalan bertukarnya bibit penyakit. Ini kabar buruk berciuman. Pada orang yang mengalami masalah kesehatan berupa sakit yang menular, disarankan untuk menghindari dulu ciuman. Bibit penyakit seperti bakteri atau virus dapat bertukar tempat melalui air liur dan udara. Akibatnya pasangan jadi ikut tertular penyakit. Beberapa penyakit yang bisa menular selama ciuman adaah sariawan, batuk, pilek, dan sebagainya. Kira-kira ada 278 bakeri yang dapat tertukar tempatnya. Usahakan berciuman dalam kondisi mulut bersih dan tidak sedang sakit. (sdm/r4)