Coba Perhatikan, Apakah Warna Air Kencing Anda Sudah Normal?

 Life Style

warna air kencing

Air kencing ternyata bisa menjadi tanda dari kondisi kesehatan Anda, loh. Itu mengapa Anda perlu memperhatikan warna air kencing Anda. Setiap hari ginjal menyaring darah sekitar 200 liter. Ginjal memisahkan bahan apa saja yang harus dibuang tubuh melalui air kencing dan apa saja yang harus dipertahankan tubuh. Ini berguna untuk menjaga keseimbangan fungsi kimia dan mineral dalam tubuh.

Lalu, bagaimana mengetahui air kencing Anda sudah normal atau belum? Yang paling mudah adalah dengan melihat warna air kencing Anda. Mungkin Anda sudah sering dengar bahwa warna air kencing yang gelap atau keruh merupakan tanda Anda kekurangan cairan sehingga Anda butuh untuk minum lebih banyak air lagi. Dan sebaliknya, jika warna air kencing Anda lebih terang tandanya Anda sudah cukup minum air.

Tapi, ternyata tidak hanya itu saja tanda yang bisa diberikan oleh warna air kencing Anda. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa hal berikut ini.

  • Warna air kencing bening sampai kuning bening, artinya jumlah air yang Anda minum sudah baik dan kemungkinan besar ginjal Anda masih sehat
  • Warna air kencing kuning agak gelap sampai kuning pekat, artinya Anda butuh minum lebih banyak lagi
  • Warna air kencing cokelat kehijauan, ini mungkin tanda Anda memiliki masalah hati atau dehidrasi berat
  • Warna air kencing orange, Anda mungkin tidak cukup minum atau bisa jadi Anda mempunyai masalah hati atau empedu. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.
  • Warna air kencing pink kemerahan, ini mungkin tanda Anda mengalami perdarahan di saluran kencing, atau juga bisa menjadi tanda dari masalah ginjal, tumor, infeksi, masalah prostat, dan lainnya. (Jika Anda sebelumnya tidak mengonsumsi buah berwarna ungu pekat, seperti buah bit)
  • Jika Anda lebih sering kencing dalam jumlah banyak, ini merupakan salah satu tanda dari diabetes (kencing manis). Sebaiknya segera periksakan kadar gula darah Anda.
  • Jika Anda merasa panas atau nyeri saat buang air kecil dan tidak bisa menahan buang air kecil, ini merupakan tanda dari infeksi saluran kemih.