Daker Mekkah Minta Jamaah Haji Hati-hati Tawaran Cium Hajar Aswad

 Info Haji

Mekkah (DOC) – Jemaah haji Indonesia di Mekkah diimbau agar hati-hati atas tawaran joki mencium Hajar Aswad di Masjidil Haram yang dilakukan dua atau tiga orang pelaku karena telah ada pengaduan terhadap pihak keamanan di Sektor Khusus Daker Mekkah bahwa seorang haji diperas oleh pelaku joki.

Kasi Pengamanan Daker Mekkah Misi Haji Indonesia, Jaetul Muchlis Basyir, di Mekkah, Kamis, mengatakan, menurut pengakuan korban yang seorang wanita, ia ditawari joki mencium Hajar Aswad dengan tanpa perjanjian terlebih dahulu.

Setelah dipandu oleh ketiga para tersangka dan ternyata berhasil, jemaah itu menyerahkan sejumlah uang jasa, namun para pelaku meminta lebih besar jauh dari yang diberikan korban.

Korban menyerahkan 100 real, namun diminta 300 real sehingga terjadi percekcokan.

Oleh sebab itu, para jemaah haji Indonesia diimbau agar berhati-hati menerima tawaran joki seperti tersebut. Lebih baik dipertimbangkan kondisi fisik dan kesehatan para jemaah bila berniat melakukannya dan sebaiknya hindari perjokian, kata Muchlis.

“Hindarilah adanya resiko-resiko yang dapat timbul,” kata Muchlis sambil menambahkan Daker Mekkah telah menyebarkan nomor “Call Center Mekkah” – 0545465418 – bila ada jemaah haji Indonesia yang memerlukan informasi maupun bantuan dalam kasus darurat. (ant)