Danrem Berikan Materi Wawasan Kebangsaan ke Ribuan Mahasiswa

Padang,(DOC)Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo Hendro S. bersama Staf dari Jajaran Korem 032/Wirabraja memberikan materi Wawasan Kebangsaan yang meliputi NKRI, UUD 1945, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika kepada 5.300 mahasiswa/i baru di Auditorium Convention HallKampus Universitas Andalas (Unand), Limau Manis Padang, Sumatera Barat, Selasa (15/7/2014).

Menurut Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Widagdo, kegiatan ini merupakan salah satu transformasi di bidang Teritorial oleh pimpinan TNI AD khususnya dalam memantapkan Nilai-Nilai Wawasan Kebangsaan kepada segenap komponen bangsa. Materi yang disampaikan tersebut atas seijin dari Lemhannas dan telah disosialisasikan kepada seluruh jajaran Kodim, Satpur serta Satuan Balak Aju, dimana nantinya tim yang ditunjuk pada tahap awal akan menyampaikan kepada siswa/i baru SLTA, mahasiswa/i baru perguruan tinggi yang ada di Provinsi Sumatera Barat.

Program tersebut sangat diapresiasi oleh Gubernur Prov Sumatera Barat serta seluruh penjabat Bupati/Walikota, dan akan digulirkan pada saat masa orientasi siswa SLTA. Para Dandim telah membuat MoU pemantapan nilai-nilai wawasan Kebangsaan dengan masing-masing Bupati atau Walikota di daerahnya.

Adapun tambahan materi yang diberikan meliputi, bahaya Narkoba,pergaulan bebas, PBB dan kegiatan Out Bound diantaranya permainan berpasangan, kegiatan buldozer, kegiatan bola tali, permadani, holahop, water estafet, tongkat estafet, jembatan tali dua dan jembatan tali tiga. Kegiatan permainan tersebut untuk menumbuhkan kerja sama, jiwa korsa, saling mengenal, kekompakan, menumbuhkan semangat serta disiplin.

Sementara itu, Rektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur, S.E., M.A. mengapresiasi kegiatan pemantapan nilai-nilai Wawasan Kebangsaan dari Korem 032/Wbr, dan sangat menunjang dalam membentuk karakter Mahasiswa/i baru yang akan memulai pendidikannya sehingga diharapkan nantinya Unand dapat menghasilkan sarjana-sarjana mumpuni yang berkwalitas serta dapat diandalkan, memiliki daya saing yang tinggi. Sarjana-sarjana yang berkepribadian Pancasila, menghargai kebhineka tunggal ikaan, selalu berpedoman kepada UUD 1945 serta mencintai tanah airnya dengan segenap cintanya.(puspen/r7)