Dansatgas Indobatt Inspeksi Gelar Pasukan di Lebanon

 Nasional

 

Dansatgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL, Letkol Inf Suharto Sudarsono ketika memberikan arahan kepada pasukan. foto: Lettu Inf Suwandi

Lebanon (DOC) – Komandan Satgas (Dansatgas) Indonesian Batallion (Indobatt) Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force in Lebanon) Letkol Inf Suharto Sudarsono didampingi Wadansatgas Letkol Mar. FJH Pardosi melaksanakan inspeksi kesiapan personel dan perlengkapan satuan yang disiapkan untuk mengisi pos baru UNIFIL UN Posn 9-15, Kafer Killa.

Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi menerangkan, gelar pasukan dilaksanakan di lapangan Soekarno Markas Indobatt UN Posn 7-1, Adshid al Qusayr, Lebanon Selatan, Senin (22/10/2012).

Dia menerangkan, gelar pasukan dan perlengkapan ini dimaksudkan untuk memastikan sejauhmana kesiapan personel dan perlengkapan yang ada dihadapkan dengan pelaksanaan operasional di daerah operasi baru. Gelar pasukan diikuti oleh gabungan dari prajurit yang diambil dari kompi-kompi jajaran Indobatt dengan kekuatan satu Pleton berjumlah 47 orang  termasuk 2 orang perwira yang akan memimpin operasioanl di pos tersebut.

Dalam arahannya Dansatgas Indobatt mengingatkan kepada personel yang akan mengisi pos baru, agar segera menyesuaikan dengan lingkungan daerah yang ada. “Laksanakan tugas dengan sebaik – baiknya, jalin hubungan baik denga masyarakat sekitar dengan tetap menjaga disiplin dan tingkah laku, serta jaga faktor keamanan personel maupun materiil selama melaksanakan kegiatan
operasional” jelas Dansatgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-F/UNIFIL, Letkol Inf Suharto Sudarsono didampingi Wadansatgas Letkol Mar. FJH Pardosi.

Pos baru yang akan diterima ke Indobatt ini sebelumnya merupakan pos dari tentara Spanyol, rencananya akan diserahkan secara resmi pada tanggal 29 bulan ini, namun untuk kegiatan operasioanal patroli di area pos baru tersebut sudah dilaksanakan prajurit Indobatt bersama dengan prajurit Spanyol. (r3/Satgas Kongo XXIII-F/UNIFIL)