D-ONENEWS.COM

DATANGI KANTOR KPU JATIM: KAPOLDA JATIM PANTAU PENGAMANAN TAHAPAN PENDAFTARAN BACALON

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin Pantau Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018

Surabaya, kpujatim.go.id- Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin, turun langsung memantau pengamanan tahapan pendaftaran bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Pemantauan dilakukan beserta jajaran dengan terjun langsung ke lokasi pendaftaran, di Kantor KPU Provinsi Jatim, Jalan Raya Tenggilis 1-3 Surabaya.

Kedatangan Kapolda Jatim yang didampingi oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pudji Setiawan, Senin (8/1) siang ditemui langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jatim Eko Sasmito beserta seluruh jajaran komisioner. Hadir juga menemui Kapolda Jatim, dari Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jatim, Aang Kunaifi.

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin menyatakan, pengamanan di KPU Jatim selama tahapan pendaftaran Bacalon akan dilakukan dengan maksimal. Mengingat tahapan kali ini sudah memasuki tahapan krusial yakni pendaftaran bakal pasangan calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin

“Kesiapan dari KPU Jatim sudah sangat oke. Pengamanan dari anggota (Polri) juga siap, dijalan-jalan juga penuh penuh petugas kepolisian untuk mengatur nantinya,” ujarnya.

Disinggung terkait pengamanan dalam Pilgub Jatim 2018. Kapolda menegaskan bahwa pihaknya tidak hanya selama 3 hari ke depan saja melakukan pengamanan, tetapi seterusnya selama tahapan berjalan akan mengamankan kantor dan komisioner KPU Jatim. Personel yang dikerahkan juga cukup banyak.

Kapolda menjelaskan, soal pengamanan secara menyeluruh sampai pada pelaksanaanya pencoblosan nantinya memang cukup banyak. Itu sudah sejak awal sampaikan, kalau terkait pengamanan Pilgub Jatim pihaknya sudah menyiapkan hingga sebanyak 27 ribu personil dari kepolisian.

“Belum lagi nanti dari TNI yang jumlahnya ada sekitar 6000-an lebih. Belum lagi linmasnya, cukup banyaklah dan kita sudah hitung semuanya,” terang Kapolda.

Untuk pengamanan melekat yang akan diberikan kepada anggota KPU Jatim, rencananya akan ada tim penghubung khusus (LO) yang dilatih selama 3 hari di Sekolah Polisi Negara (SPN). Menurut Kapolda, mereka nantinya yang akan mengawal setiap anggota KPU Provinsi Jatim demi keamanan dan berjalannya Pikada Jatim 2018.

“Pengamanan yang melekat kami berikan tidak hanya ke anggota KPU Jatim saja, masing-masing calon juga akan kami amankan,” pungkasnya.

(MC – LNC/TUNG/BIB/BAY)

KPU Jatim

Loading...