D-ONENEWS.COM

DCS Telah Ditetapkan, KPUD Lumajang Mulai Verifikasi Bakal Caleg

foto : Siti Mudawiyah SE

Lumajang,(DOC) – Komisi Pemilihan umum -KPU Lumajang Jawa Timur saat ini telah menetapkan Daftar Calon Sementara – Legislatif DPRD Lumajang Jawa Timur setelah dilakukan verifikasi berkas para calon sejak Senin(13/8/2018) kemarin.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum -KPU Lumajang Siti Mudawiyah SE,  sesuai jadwal yang telah ditetapkan  KPU Lumajang jika pada tanggal 12 Agustus merupakan tanggal Daftar Penetapan Sementara -Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah -DPRD Lumajang

Karena sebelumnya sejak pada tanggal 1 sampai tanggal 7 Agutus dilakukan Verifikasi kemudian pada tanggal 8 sampai dengan tanggal 11 Agustus merupakan masa penyusunan Daftar Calon Sementara -DCS dan pada tanggal 12 Agustus kemarin merupakan penetapan Calon Sementara.

“Iya karena sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU Lumajang jika pada tanggal 12 Agustus merupakan tanggal Daftar Pepenetapan Sementara -Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah -DPRD Lumajang,” Katanya, Selasa(14/8/2018)

Sebanyak 5.50 Orang Calon Legislatif DPRD sementara, dari total seluruh Partai Politik yang akan berlaga pada Pemilu 2019 dari sebanyak 15 Partai Politik.

Para calon sementara tersebut masih akan dilakukan verifikasi lagi sampai pada tanggal 21 Agustus mendatang. Karena para Calon Legislatif Sementara tersebut masih akan menunggu tanggapan dari masyarakat tentang  sosoknya dengan cara KPU mengundang masyarakat agar memberikan penilaian dan komentar terkait para calon sementara. Secara teknis KPU Lumajang menyediakan kotak saran  untuk menampung aspirasi  dari  masyarakat dengan mencantumkan alamat lengkap.

Setelah itu kemudian dari hasil tanggapan dan komentar masyarakat maka para Calon Legislatif Sementara tersebut masih bisa dibatalkan jika ditemukan  tanggapan yang serius dan menyalahi aturan, ada sebanyak 15 item pelanggaran yang bisa menggugurkan termasuk contohnya adalah berijazah palsu, berurusan dengan hukum maupun yang lainya.(mam/r7)

Loading...

baca juga