Demo Buruh Dikawasan Rungkut Industri Diwarnai Ketegangan

Surabaya (DOC) – Ketegangan mewarnai aksi sweeping yang dilakukan para buruh di kawasan Rungkut industri Surabaya. Akibat massa buruh yang melakukan aksi demo terpecah, ratusan petugas kepolisian yang disiagakan sempat kebingungan.Awal ketegangan ini terjadi saat ratusan buruh yang semula melakukan orasi di Jl Rungkut Industri III, tiba-tiba beralih menuju ke Jl Raya Rungkut Industri. Para buruh ini berusaha masuk serta mendobrak pintu pabrik PT HM Sampoerna dan PT Sinar Mas.

“Kita tunggu rekan-rekan kita dari Waru, Sidoarjo. Kita akan dobrak pintu Sampoerna dan pintu pabrik Sinar mas,” kata orator di atas mobil pick up yang mengangkut sound system, Rabu (3/10).

Mendengar penyataan tersebut, sebagian petugas yang awalnya berjaga di kawasan Rungkut Industri III langsung bergerak menuju ke pabrik PT HM Sampoerna dan PT Sinar Mas Rungkut Indostri .

Dari pengamatan dilapangan, ratusan petugas kepolisian dari Polrestabes Surabaya yang menaiki tiga unit truk terlihat bersiaga di balik pintu gerbang PT HM Sampoerna.
Sedangkan para buruh yang mengendarai ratusan sepeda motor berada di Jalan Raya Rungkut Industri sambil menggeber-nggeber gas kendaraanya hingga memekikkan telinga.

Sedangkan security pabrik bertugas mengatur arus lalu lintas dan menghalau seluruh angkutan kota dan kendaraan penjemput pegawai pabrik yang biasa berhenti di depan pintu gerbang masuk pabrik.

Entah kenapa, ribuan buruh dari berbagai elemen itu mengurungkan niatnya untuk mendatangi dan mendobrak pintu gerbang PT HM Sampoerna dan pabrik minyak goreng PT Sinar mas di Rungkut Industri Surabaya. Mereka balik ke arah Sidoarjo. Konvoi ribuan buruh itu sempat berhenti di Bundaran Waru. Akibatnya, kawasan bundaran waru macet total.

Ribuan buruh dari berbagai daerah seperti Sidoarjo, berbaur dengan buruh lain, yang sebelumnya memblokir kawasan indostri Jl Rungkut Industri III.
Ribuan buruh yang konvoi dengan mengendarai ratusan sepeda motor, sempat berhenti di Bundaran Waru. Aparat kepolisian dari Polrestabes Surabaya meminta massa terus berjalan.

Akibat pemberhentian sebentar itu, membuat arus lalu lintas di Jl A Yani dari arah Surabaya menuju Sidoarjo macet total. (to)