Demokrasi Pilgub Harus Sejahterakan Rakyat

Tidak ada komentar 127 views

Surabaya, (DOC) – Forum Masyarakat Cinta Damai (Formacida) Jatim menggelar aksi damai terkait pelaksanaan Pilgum Jatim 2013. Menurut Formacida, demokrasi yang dijalankan seharusnya mampu mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Hal itu sesuai dengan amanat dari Pancasila sila kelima.
Disampaikan juru bicara Formacida Jatim Rastra Sastra Humelan, pada Rabu (21/8/2013), pihaknya tak menginginkan ada suasana yang tak kondusif seperti Pilgub 2008 lalu. Dimana adanya gugatan-gugatan politik dan temuan-temuan kecurangan yang membuat suasana Jatim tak kondusif.
“Selain itu, demokrasi yang diwujudkan jangan sampai hanya untuk kesejahteraan bagi kelompok atau golongan, tapi untuk orang banyak. Demokrasi yang kita anut harus menjadi manifesto peningkatan kesejahteraan masyarakat, jangan sampai demokrasi itu menjadi petaka awal menurunnya tingkat kesejahteraan masyarakat akibat hiruk pikuk perselisihan elit politik yang bisa memicu konflik horisontal di masyarakat. Jatim harus bisa jadi stimulan majunya bangsa dengan sikap masyarakatnya yang terbuka terhadap keberagaman,” kata Rastra.
Dalam aksi di depan gedung negara Grahadi, aksi Formacida yang dikawal pihak kepolisian sejak Monumen Kapal Selam lalu longmarch ke Grahadi menyerukan kepada segenap elit politik untuk menjaga kondusifitas Jatim dan berkomitmen mensukseskan Pilgub Jatim 2013 dengan aman. Formacida juga meminta masyarakat luas agar tidak terpancing dengan kemungkinan konflik horisontal dengan adanya perbedaan pilihan politik. Selain itu meminta kepada semua pemangku kepentingan di Jatim agar memertahankan Jatim yang Aman, Nyaman dan Damai.
Dalam aksinya, Formacida juga menggelar berbagai poster dan spanduk dukungan Pilgub Damai. Karena itu dengan slogan ‘Pemilukada Aman, Rakyat Senang’, Formacida menggelar aksi itu dengan singkat. (co/r4)