Demokrat Butuh Tokoh Baru Gantikan SBY

Tidak ada komentar 199 views

Jakarta, (DOC) – Partai Demokrat saat ini mengalami krisis ketokohannya. Bahkan dalam Kongres Luar Biasa (KLB) yang akan digelar di Bali, bakal mengukuhkan Susilo Bambang Yudhoyono sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Ini setelah Anas Urbaningrum diturunkan dari jabatannya karena terkait kasus korupsi Hambalang.
Namun tak sedikit juga yang menolak jika SBY dijadikan Ketua Umum. Sementara Ketua DPP Partai Demokrat Gede Pasek menilai, KLB memilih SBY itu memang harus, karena untuk memenuhi amanat UU Pemilu. Dimana setiap partai yang mendaftarkan diri di Pemilu harus memiliki Ketua Umum, tidak poleh pelaksana tugas atau pejabat sementara. Ketua Umum harus definitif.
Bahkan dalam acara di stasiun televisi swasta, Pasek menyodorkan tiga idenya untuk KLB. Yang pertama Dekrit Partai Demokrat, Demokrasi Terpimpin, SBY Ketua Umum.
Rupanya pendapat Pasek itu ditentang rekan politiknya, Ruhut Sitompul. Mantan pengurus DPP Partai Demokrat ini justru menyayangkan jika SBY yang menjabat sebagai Dewan Penasihat Partai dan masih menjabat Presiden justru diturunkan kelasnya menjadi Ketua Umum.
Menurut dia, SBY adalah tokoh dan untuk menduduki jabatan Ketua Umum, Demokrat butuh tokoh baru. Sementara di internal partai itu, kata Ruhut sudah tak ada lagi orang yang ditokohkan. Karena itu, butuh tokoh baru dari eksternal partai.
Ruhut mengusulkan agar Pramono Edhie Wibowo yang juga masih kerabat Ani Yudhoyono atau anak Sarwo Edhie Wibowo untuk dijadikan tokoh di Demokrat. Pramono Edhie Wibowo diusulkan Ruhut agar bisa diterima menjadi Ketua Umum DPP Partai Demokrat.
“Kalau Pramono Edhie Wibowo jadi tokoh baru di Demokrat, apalagi dia dipilih jadi Ketua Umum, maka dia akan membawa banyak massa. Ada masyarakat TNI, ada purnawirawan dan masyarakat yang menokohkan dirinya. Ini keuntungan kalau Demokrat memunculkan tokoh baru. Kalau SBY kasihan harus turun kelas dan mengurusi partai ini, biar SBY fokus pada jabatannya sebagai presiden,” ungkap Ruhut pada tayangan yang sama. (r4)