Densus Gerebek Terduga Teroris di Jabar dan Jateng

Tidak ada komentar 129 views

Bandung (DOC) – Tim Densus 88 mengerebek rumah kontrakan empat terduga teroris di RT 2/RW 8 Batu Rengat, Cigondewah Hilir, Marga Asih, Rabu (8/5). Selain di Bandung, hari yang sama Densus juga menggerebek terduga teroris di di Cipacing, Sumedang, Jawa Barat dan di Kendal serta di Kebumen, Jawa Tengah.

Dalam penggerebekan tersebut, dari empat terduga teroris yang berhasil dilumpuhkan di Bandung, tiga di antaranya tewas.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Timur Pradopo di lokasi penggerebekan teroris RT 2/RW 8 Batu Rengat, Cigondewah Hilir, Marga Asih, Rabu malam. Timur didampingi Wakapolri Komjen Nanan Sukarna, Kabareskrim Komjen Sutarman, Kapolda Jabar Irjen Tubagus Anis Angkawijaya.

“Yang hidup adalah Maksum dan Haris Fauzi. Yang meninggal Budi Syarif alias Angga, Sarene, dan Jonet,” ujar Timur.

Maksum berhasil ditangkap tim Densus di Cipacing, Sumedang, Jawa Barat.
Sementara Haris Fauzi dan tiga teroris yang tewas lainnya dilumpuhkan di Bandung. Selain 5 terduga teroris tersebut, tim Densus juga dalam waktu bersamaan melumpuhkan seorang terduga teroris di Kendal dengan nama Abu Roban alias Bambang alias Untung.

Kronologis penangkapan para teroris setelah sebelumnya petugas Densus 88 Antiteror menembaki rumah kontrakan yang dihuni tiga terduga teroris di Kampung Batu Rengat, Desa Mekar Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung.

Lepas pukul 17.00 WIB, petugas Densus 88 melakukan penembakan ke lokasi. Selama satu menit pertama, tembakan terdengar cukup banyak. Tapi, beberapa menit selanjutnya tembakan hanya terdengar sesekali. Selama lima menit, tembakan terus terdengar.

Meski baku tembak tidak terlihat, warga tetap berada di sekitar lokasi, terutama di Jalan Cigondewah Hilir. Kontrakan yang dihuni terduga teroris itu berjarak cukup jauh dari akses jalan utama.

Saat mendengar suara tembakan, sesekali warga bertepuk tangan dan bersorak. Dari rumah kontrakan terdengar suara cukup kencang, seperti ledakan. Asap putih terlihat mengepul dari rumah kontrakan. Suara tembakan masih terdengar di lokasi.(r3/r4/r7)