Dibabak 16 Besar Piala Dunia 2018, Spanyol Lawan Rusia dan Portugal Hadapi Uruguay

Jakarta,(DOC) – Akhirnya timnas Spanyol dan Portugal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 sebagai wakil dari Grup B. Namun, kedua negara unggulan tersebut sama sekali tak mudah melewati laga mereka masing-masing di matchday 3 untuk lolos ke fase gugur.

Portugal kerepotan meladeni perlawanan Iran di Mordovia Arena, Selasa (26/6/2018) dini hari. Unggul lewat gol cantik Ricardo Quaresma di penghujung babak pertama, Iran sanggup menyamakan kedudukan lewat sepakan penalti Karim Ansarifard di injury time babak kedua.

Iran sempat membuat jantung fans Portugal berdegup kencang, sebagaimana laga terus berlangsung hingga menit 90+8. Namun, Selecao das Quinas akhirnya bisa mengamankan hasil imbang 1-1 yang membuat mereka lolos ke babak 16 besar, sementara Iran harus balik kenegaranya.

Di waktu yang hampir bersamaan, timnas Spanyol juga kwalahan menghadapi timnas Maroko di Kaliningrad Stadium, bahkan negeri Matador itu, nyaris angkat koper lebih awal dari gelaran Piala Dunia 2018.

Maroko, La Furia Roja mampu bertanding imbang dengan akhir skor 2-2.

Dipertandingan itu, sumbangan gol penentu kemenangan Spanyol dicetak Iago Aspas pada menit 90+1 yang memanfaatkan assist Dani Carvajal, hingga akhirnya kedudukan menjadi 2-2.

Spanyol sempat tertinggal 2 kali atas Maroko lewat gol Khalid Boutaib di menit 14 yang disamakan 5 menit kemudian oleh gol Isco Alarcon. Dimenit 81 Maroko kembali unggul 2-1 lewat gol Youssef En-Nesyri, meski akhirnya terselamatkan pada saat injury time babak kedua.

Spanyol berada di peringkat teratas klasemen Grup B dengan poin lima, dan disusul oleh Portugal yang hanya kalah agresivitas gol, meski point serta selisih gol sama.

Sementara itu, pada 2 pertandingan putaran 16 besar Piala Dunia 2018 nanti, tim yang akan bertanding yakni juara Grup A, timnas Uruguay akan menghadapi Portugal runner up Grup B, berlangsung di stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Minggu(1/7/2018) dini hari.

Timnas Spanyol yang berhasil menjuarai Grup B di putaran 16 besar akan dijamu tuan rumah Rusia di Stadion Luzhniki, Moskow, pada Minggu(1/7/2018) malam.

Selain keempat tim tersebut, setidaknya empat tim lain sudah dipastikan lolos ke putaran 16 besar, meski belum tentu sebagai juara grup atau peringkat kedua.

Keempat tim tersebut adalah Prancis dari Grup C, Kroasia dari Grup E dan Inggris serta Belgia dari Grup G.(sc/ant/yun)