Diduga Korupsi, PM Malaysia Dituntut Mundur

Tidak ada komentar 244 views

Kuala Lumpur, (DOC) – Warga Malaysia, sudah dua hari ini menggelar unjuk rasa menuntut perdana menterinya mundur. Mereka kecewa lantaran pimpinan negara itu tengah menghadapi tuduhan korupsi.

Demo itu dipicu terungkapkan PM Najib Razak yang menerima $700 juta di rekening pribadinya dari lembaga dana investasi pemerintah. Bahkan kelompok masyarakat madani terkemuka di Malaysia, Bersih, sangat menginginkan mundurnya PM Najib Razak dari jabatannya.

Demonstran yang mengenakan kaos kuning Bersih, semalam berkemah di jalan-jalan Kuala Lumpur di dekat Lapangan Merdeka. Sementara perlawanan pemerintah dengan cara memblokir situs Bersih di internet. Bahkan aksi demonstrasi itu dianggap ilegal oleh pemerintah.

Massa dianggap tak memilki izin berunjuk rasa. Massa juga menolak larangan pihak keamanan agar tak mengenakan baju kuning khas Bersih dan logo kelompok itu.

Sementara PM Najib telah menyangkal tuduhan tersebut. Dia mengatakan uang itu adalah pemberian dari Timur Tengah. Ia mengatakan tuduhan korupsi itu adalah bagian dari “sabotase politik” terhadap koalisi yang telah lama berkuasa di Malaysia.

Tuduhan itu muncul bulan lalu di The Wall Street Journal, yang mendasarkan artikelnya pada dokumen yang bocor dari penyelidikan pemerintah mengenai dana 1MDB.

Lembaga dana investasi pemerintah, 1MDB, yang dipimpin Najib, menghadapi tuduhan korupsi dan mismanajemen, dan berutang lebih dari $11 miliar. Lembaga itu sedang diselidiki oleh beberapa badan pemerintah. (v/r4)