Dihantam Badai Sandy, Sebagian AS Kiamat

Tidak ada komentar 184 views

40 Orang Tewas

Kerusakan akibat Badai Sandy di sebagian wilayah AS

Washington (DOC) – Badai Sandy yang mengarah ke Kanada mengakibatkan korban jiwa dan kerusakan fatal. Sedikitnya, 40 orang dilaporkan tewas dan sarana transportasi di seluruh penjuru timur laut Amerika Serikat(AS) terhenti akibat listrik padam. Dilaporkan, sebanyak 18 koran tewas di wilayah New York City saja 18 korban tewas. Di kota tersebut, sarana transportasi utama juga masih terhenti dan tidak jelas kapan akan difungsikan kembali. Di kota tersebut, 18.000 penerbangan tertunda. Selain di New York, kerusakan parah juga terjadi di Kepulauan Karibia. Di kawasan tersebut, dilaporkan 60 orang tewas. Kantor Layanan setempat menyatakan, delapan juta rumah dan tempat usaha tak dialiri listrik karena badai.

kepala Otoritas Transit Metropolitan (MTA) AS, Joseph Lhota menerangkan, sistem kereta bawah tanah New York mengalami kerusakan terparahnya dalam 108 tahun sejarah moda transportasi masal itu kata Joseph Lhota, kepala Otoritas Transit Metropolitan (MTA) AS.

Terowongan kereta dipenuhi genangan air sementara alat-alat listriknya harus dibersihkan dulu sebelum jaringan transport publik terpenting New York ini bisa berfungsi kembali.

Walikota New York Michael Bloomberg mengatakan, tidak ada batas waktu hingga kapan subway bisa dibuka kembali, namun berharap layanan bus sudah bisa difungsikan kembali Rabu ini. Seluruh bandar udara utama di New York juga masih ditutup karena jalur landas pacu masih kebanjiran.

Akibat badai tersebut, Presiden Barack Obama menunda kampanye meski pekan ini merupakan saat menentukan menjelang pemilihan presiden pekan depan agar dapat fokus memimpin upaya mengatasi bencana.(r2/r3)